Sukses

Ribuan Warga Banyuwangi Antusias Terima Sertifikat Tanah Gratis

Ribuan masyarakat Banyuwangi tampak antusias menerima sertifikat tanah melalui Kementerian ATR/BPN

Liputan6.com, Banyuwangi - Ribuan masyarakat Banyuwangi tampak antusias menerima sertifikat tanah melalui Kementerian ATR/BPN. Sumiati, warga dari Desa Jambewangi menyampaikan perasaan senangnya setelah menerima sertifikat tanah.

"Kami ke sini dengan 10 bis, dan kami merasa sangat senang dan juga tenang sudah ada sertifikat tanah milik sendiri,"kata Sumiati di Gor Tawang Alun, Banyuwangi pada Selasa (30/4/2024). Jambewangi merupakan desa kedua dengan jumlah bidang tanah terbanyak yang terdaftar yaitu 1.277.

Program 120 juta bidang tanah terdaftar yang diamanahkan oleh Presiden Jokowi kepada Kementerian ATR/BPR ini telah mampu memenuhi 93% targetnya, yaitu 112 juta bidang tanah terdaftar dan 91 juta sudah bersertifikat. Setelah sebelumnya penyerahan sertifikat diberikan kepada masyarakat di Sulawesi, hari ini Presiden Jokowi didampingi Menteri ATR/BPR menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Banyuwangi di Gor Tawang Alun.

10.323 sertifikat tanah ini diserahkan kepada masyarakat di 17 desa di Banyuwangi. Dalam sambutannya, Menteri ATR/BPN mengatakan bahwa sertifikat ini akan menjadi jaminan dan kepastian yang jelas secara hukum bagi masyarakat Banyuwangi.

Sesuai dengan Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN melalui Reforma Agraria, AHY berharap seluruh masyarakat Indonesia mendapat keadilan dan mendapatkan kepastian hukum hak atas tanahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.