Sukses

Status Gunung Ruang Naik dari Siaga Jadi Awas, Warga Pulau Tagulandang Diimbau Waspada Tsunami

Status Gunung Ruang di Sitaro, Sulut, naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas pada, Selasa (30/4/2024).

Liputan6.com, Sitaro - Status Gunung Ruang di Sitaro, Sulut, naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas pada, Selasa (30/4/2024). Hal ini disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendra Gunawan.

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas terhitung mulai tanggal 30 April 2024 pukul 01.30 Wita,” ujar Hendra Gunawan.

Dia mengatakan, pada tingkat aktivitas Gunung Ruang Level IV Awas, pihaknya mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

“Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km,” ujarnya.

Selanjutnya, masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut atau runtuhnya tubuh gunung ke dalam laut.

“Kami mengimbau warga untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan,” ujarnya.

Dia mengatakan, tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum diterbitkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.