Sukses

Viral Tes Kesetiaan Menggunakan Google Form, Berikut Cara Buatnya

Media sosial kembali dihebohkan dengan tes viral bernama tes kesetiaan yang menggunakan Google Form. Berikut ini cara membuat tes kesetiaan di Google Form yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Bandung - Akhir-akhir ini warganet di media sosial khususnya TikTok tengah ramai mencoba tes kesetiaan. Tes ini bisa diakses menggunakan Google Form dan menjadi ajang tes untuk menguji kesetiaan pasangan.

Diketahui sebelumnya, ramai tes serupa seperti ujian kepekaan dan tes-tes lainnya menggunakan Google Form. Namun tes kesetiaan dibuat sendiri untuk kemudian diberikan dan diisi kepada sang kekasih.

Ketika pertanyaan telah diisi oleh sang kekasih hasil jawaban kemudian akan dihitung dalam skor untuk menunjukan bentuk kesetiaan mereka dalam hubungan. Meskipun tes ini dibuat untuk bersenang-senang beberapa warganet banyak merespon pro dan kontra terhadap tesnya.

Hal tersebut dikarenakan tes ini dinilai bisa menimbulkan hubungan toksik serta munculnya perselisihan di antara pasangan. Bahkan beberapa organisasi menilai tes seperti ini rentan mengurangi rasa percaya antar pasangan dan membuat munculnya rasa cemburu.

Melalui risiko tersebut permainan tes kesetiaan tidak begitu dianjurkan untuk dilakukan terutama bagi pasangan yang mudah goyah. Namun tidak sedikit juga yang memainkan tes ini hanya untuk bersenang-senang.

Pasalnya ada beberapa pasangan yang kerap menyelipkan jenis pertanyaan humor kepada sang kekasih agar tes ini tidak terkesan serius. Sehingga bisa memberikan hasil yang menyenangkan dan mempererat hubungan dengan pasangan.

Sebagai informasi tes kesetiaan juga bisa dilakukan tidak hanya kepada pasangan tetapi juga bisa kepada teman, sahabat, keluarga dekat, hingga orangtua dengan tema lainnya. Berikut ini cara membuat tes kesetiaan di Google Form.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Tes Kesetiaan di Google Form

Anda bisa membuat tes kesetiaan dengan memanfaatkan fitur Google Form atau melalui link http://forms.google.com. Melansir dari unggahan di TikTok tes ini berisi kuesioner pilihan ganda dengan jawaban yang berisi skor tertentu.

Semakin banyak jawaban benar yang diisi oleh pasangan maka semakin tinggi skor kesetiaannya. Singkatnya berikut ini langkah-langkah untuk membuat tes kesetiaan tersebut dengan mudah:

1. Buka browser yang tersedia baik di Android atau iOS.

2. Kemudian buka situs http://forms.google.com.

3. Lakukan login menggunakan akun Google yang dimiliki.

4. Setelah berhasil login masuk ke halaman beranda yang berisi tombol untuk membuat formulir baru, template formulir, atau daftar formulir yang sudah dibuat.

5. Untuk membuat form baru bisa mengklik ikon “+” atau “Start a new form”.

6. Selanjutnya klik “Setelan” dan pilih “jadikan ini sebagai kuis”.

7. Fitur tersebut digunakan agar jawaban yang benar bisa memiliki skor sehingga pembuatnya bisa mengatur nilai poin, pertanyaan, serta jawaban yang sesuai dengan diinginkan.

8. Kemudian tulis pertanyaan-pertanyaan tes kesetiaan yang diinginkan.

9. Edit dan sesuaikan formulir tersebut sesuai dengan kebutuhan seperti menambahkan pertanyaan lain atau mengganti pilihan ganda dengan kontak centang, pilihan dropdown, dan lain-lain.

10. Setel lokasi penyimpanan responden dengan memilih opsi yang sesuai.

11. Setelah form berhasil terbuat, tes kesetiaan tersebut bisa dikirim melalui e-mail yang terhubung dengan akun Google.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.