Sukses

Sebanyak 5.837 Orang Kunjungi 3 Lapas di Pangkalpinang Selama Lebaran

Jumlah tersebut diambil dari 3 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang berada di Kota Pangkalpinang.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel) telah membuka layanan kunjungan khusus Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Hal ini ditunjukan agar warga binaan dapat merayakan lebaran bersama keluarga.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel, Kunat Kasmiri mengatakan, adanya lonjakan pengunjung pada layanan khusus Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah sebanyak 5.837 orang.

Jumlah tersebut diambil dari 3 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang berada di Kota Pangkalpinang. Dengan dua kali sesi kunjungan setiap harinya mulai 10-12 April 2024.

"Yang berbeda selama kunjungan Idulfitri ini adalah adanya suasana haru dari warga binaan ketika bertemu dengan keluarganya," kata Kunrat, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/4/2024).

Pengunjung terbanyak berasal dari Lapas Kelas IIA Narkotika Pangkalpinang dengan total 4.024 orang, Lapas Kelas IIA Pangkalpinang sebanyak 1.336 orang dan Lapas Kelas III Perempuan sebanyak 477 orang.

Kunrat juga menyampaikan jika makanan yang paling banyak dibawa pengunjung adalah ketupat, lontong, lepet, rendang daging, opor ayam, kari ayam, semur, soto, dan sambal.

"Semua petugas harus konsentrasi pada pengamanan dan pemberian layanan kepada warga binaan selama Idulfitri," kata tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto turut mengapresiasi jajarannya yang telah berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi warga binaan dan keluarganya.

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, Harun menyambut antusiasme keluarga narapidana yang ingin merayakan lebaran bersama, meskipun dengan waktu yang sangat terbatas.

“Peningkatan jumlah pengunjung ini merupakan hal yang wajar, mengingat momen lebaran adalah waktu yang sangat dinantikan oleh warga binaan bertemu dengan keluarganya,” pungkas Harun.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.