Sukses

Intip 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Ketika mengunjungi kota Yogyakarta ada beberapa cemilan dan barang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga. Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Yogyakarta.

Liputan6.com, Bandung - Mudik lebaran adalah momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang karena pada waktu tersebut mereka bisa kembali untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Pada momen mudik biasanya orang-orang akan pulang kembali ke kampung halaman dan membawa oleh-oleh.

Biasanya oleh-oleh yang dibawa adala oleh-oleh dari tempat mereka merantau atau membeli sajian khas dari kota yang mereka lalui ketika perjalanan mudik. Memberikan oleh-oleh saat mudik tidak hanya menjadi simbol kasih sayang tetapi juga cara untuk berbagi kepada orang terdekat.

Membawa makanan atau oleh-oleh lainnya menjadi cara dalam menghargai kerja keras orang tua. Kemudian bermakna besar untuk orang tua yang menantikan anaknya pulang ke rumah dengan rasa cinta dari sang anak.

Selain sebagai bentuk kasih sayang memberikan oleh-oleh mudik juga memperkenalkan budaya hingga tradisi lokal dari kota lain. Pasalnya oleh-oleh biasanya yang dibawa adalah sajian khas dari daerah tersebut.

Tentunya setiap daerah memiliki oleh-oleh khasnya yang memiliki keunikan dan mencerminkan keberagaman budaya daerah tersebut. Membawa oleh-oleh juga menjadi bentuk menjaga tradisi dan kearifan lokal.

Melalui artikel ini ada beberapa inspirasi oleh-oleh yang bisa dibawa dari kota Yogyakarta. Tentunya oleh-oleh ini merupakan sesuatu yang khas dan populer sehingga cocok untuk memperkenalkan kearifan Yogyakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

1. Geplak

Geplak merupakan salah satu makanan khas dari Bantul Yogyakarta yang terbuat dari kelapa parut dan gula. Makanan ini populer sebagai sajian khas oleh-oleh Yogyakarta yang cocok untuk dibawa ketika pulang ke kampung halaman.

Makanan tradisional ini identik dengan warnanya yang beragam karena menggunakan warna cerah seperti hijau, pink, putih, atau cokelat. Beberapa toko juga mengolah Geplak dengan variasi rasa lain seperti rasa buah durian, sirsak, atau nangka.

2. Yangko

Yangko merupakan makanan khas Yogyakarta yang identik dengan tekstur kenyal seperti mochi namun bentuknya kotak. Makanan ini terbuat dari tepung ketan dan biasanya dijual dengan bentuk warna yang menarik.

Seperti kue mochi ala Jepang Yangko juga memiliki varian isi yang beragam seperti cincangan kacang dan lain-lain. Meskipun teksturnya mirip makanan Yangko tidak terlalu kenyal seperti Mochi.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

3. Bakpia

Bakpia adalah kue asal Yogyakarta yang terkenal sebagai sajian oleh-oleh khas yang cocok dibawa ketika mudik. Makanan ini biasanya terbuat dari gulungan tepung panggang dengan berbagai macam isian.

Salah satu merk bakpia yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Bakpia Pathok dan mempunyai isian banyak seperti cokelat, durian, green tea, dan lain-lain. Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa dibawa untuk perjalanan jauh.

4. Kain Batik Jogja

Yogyakarta adalah salah satu kota yang berhasil menjaga dan melestarikan batik dengan sangat baik. bahkan kain batik Yogyakarta menjadi salah satu batik yang terkenal dan disukai oleh banyak orang.

Kota ini juga menjadi salah satu sentra produksi batik di Indonesia dan memiliki jenis batik tulis yang khas. Sehingga kain batik Jogja sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh kepada keluarga dekat.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

5. Tas Rotan

Tas Rotan menjadi salah satu jenis tas yang terbuat dari rotan sehingga menjadi barang fesyen tradisional yang khas. Kota Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak model tas rotan menarik dan stylist.

Tas Rotan di Yogyakarta biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan populer sebagai oleh-oleh untuk keluarga, saudara, hingga teman.

6. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo merupakan sajian makanan manis yang populer dari Yogyakarta dan sering dibeli sebagai oleh-oleh. Melansir dari situs resminya coklat monggo berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Silahkan”.

Makanan manis ini berdiri di Indonesia sejak tahun 2005 dan menjadi cokelat artisan pertama dengan bahan cokelat premium dari kakao lokal. Tentunya makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh terutama bagi keluarga yang senang makanan manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini