Sukses

Bandara Kualanamu Diproyeksikan Layani 397 Ribu Penumpang pada Angkutan Lebaran 2024

Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) siap melayani pemudik pada Angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Liputan6.com, Deli Serdang Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) siap melayani pemudik pada Angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu siap melayani perjalanan pemudik pada masa Angkutan Lebaran Idul Fitri 1445H/2024 selama 16 hari, mulai 3 April hingga 18 April 2024.

Bandara Kualanamu diproyeksikan akan melayani 397 ribu penumpang. Jumlah ini meningkat 2 persen dibandingkan dengan realisasi pada masa Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 390 ribu penumpang.

Director of Operation & Services PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu, Heriyanto Wibowo mengatakan, sebanyak 1.127 personel, baik internal maupun external telah disiagakan dalam rangka menyambut Angkutan Lebaran 2024.

Personel terdiri dari Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), Airside Operation, Aviation Security (AVSEC), BKO TNI dan Polri, Personel Teknik dan Service, serta Personel Suporting Service dan Medical.

"Selama periode Angkutan Lebaran 2024 telah menerima pengajuan extra flight sebanyak 114 penerbangan. Rincian total penambahan kapasitas rute domestik 19.490 kursi dengan 104 penerbangan, dan rute internasional 1.610 kursi dengan 10 penerbangan,” kata Heriyanto, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Kamis (4/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rute Baru

Sebelumnya, Lion Air sebagai maskapai melakukan penerbangan pertama dari Balikpapan, Kalimantan Timur, menuju Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Senin, 1 April 2024.

Rute penerbangan baru ini diyakini mampu menarik wisatawan dari Kalimantan untuk mengunjungi Sumut.Penerbangan perdana ini diresmikan Managing Director PT Angkasa Pura Aviasi, Ravishankar Saravu, didampingi Head of Corporate Secretary and Legal, Dedi Al Subur di Bandara Kualanamu.

Saravu menyatakan harapannya bahwa penerbangan ini akan dilaksanakan setiap hari, sehingga tercipta konektivitas antara Bandara Kualanamu dan Balikpapan.

"Dengan dibukanya rute penerbangan baru ini, mampu menarik wisatawan dari Kalimantan untuk berkunjung ke Sumut," ucapnya.

Head of Corporate Secretary and Legal, Dedi Al Subur berharap dengan adanya rute penerbangan Balikpapan ke Bandara Kualanamu berkesinambungan, sehingga tercipta konektivitas dari HAP Airport jadi Spoke Airport bisa berjalan.

"Penerbangan ini dilakukan setiap hari oleh pihak maskapai," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Beragam

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, penerbangan pertama telah berhasil mengangkut sebanyak 197 penumpang, dari total kapasitas 215 kursi.

"Angka keterisian yang mencapai lebih dari 98 persen ini menunjukkan minat dan antusiasme masyarakat terhadap rute penerbangan ini," sebutnya.

Disebutkan Danang, rute penerbangan ini memiliki tujuan yang sangat beragam. Pertama, untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam persiapan mudik Lebaran 2024, dengan tagline 'Mudik Ceria Penuh Makna'.

Kedua, untuk mendukung para pebisnis dan pihak-pihak terkait dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur. Ketiga, untuk menghubungkan dua kota utama di Sumatera dan Kalimantan.

"Terakhir, untuk mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata di Indonesia," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

Rute penerbangan ini akan dilayani sekali dalam sehari, dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam 30 menit. Diharapkan dapat memberikan efektivitas dan efisiensi bagi masyarakat, pebisnis, dan wisatawan yang menggunakan penerbangan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini