Sukses

Sederet Peristiwa dan Hari Penting pada 3 April

Berikut sederet peristiwa penting pada 3 April.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 3 April. Tak hanya itu, beberapa hari penting juga diperingati pada 3 April setiap tahunnya.

Deretan peristiwa dan hari penting ini terjadi baik di Indonesia maupun di negara lain. Mengutip dari berbagai sumber, berikut sederet peristiwa penting 3 April:

1. Lahirnya Sri Sultan Hamengkubuwana IV

Pada 3 April 1804, Sri Sultan Hamengkubuwana IV lahir. Pria bernama asli Gusti Raden Mas Ibnu Jarot ini merupakan putra ke-18 dari Hamengkubuwana III atau Raden Mas Surojo.

Sri Sultan Hamengkubuwana IV naik tahta pada 1814 saat usianya masih 10 tahun. Pemerintahan mandirinya hanya berjalan dua tahun karena ia tiba-tiba meninggal dunia pada 6 Desember 1823.

2. Jesse James tewas ditembak Bob Ford

Pada 3 April 1882, Jesse James tewas ditembak temannya sendiri Bob Ford. Jesse James adalah penjahat terkenal Amerika Serikat.

Saat itu, Bob Ford nekat membunuh temannya sendiri karena tergiur sayembara yang dibuat gubernur Missouri berupa hadiah 10.000 dollar untuk siapa saja yang bisa membunuh Jesse James. Padahal, Bob Ford merupakan anggota geng Jesse James yang bergabung sejak 1880. Ia juga terlibat beberapa kasus perampokan.

3. Josef Stalin menjadi sekjen Partai Komunis Uni Soviet

Pada 3 April 1922, Josef Stalin menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet yang pertama. Jabatan itu disandangnya hingga 1952.

Stalin merupakan tokoh revolusi dan politikus Uni Soviet keturunan Georgia. Ia menjadi kepala negara Uni Soviet dari pertengahan 1920-an sampai akhir hayatnya.

Stolin juga masuk dalam tokoh penting abad ke-20. Gagasan dan kebijakan-kebijakannya dikenal dengan sebutan Stalinisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mpok Nori Meninggal Dunia

4. Mpok Nori meninggal dunia

Pada 3 April 2015, seniman Betawi sekaligus komedian Mpok Nori meninggal dunia. Pendiri grup Lenong Sinar Noray itu meninggal setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta Timur akibat penyakit asma.

5. Hari Pesta Sedunia

Setiap 3 April ada peringatan World Party Day atau Hari Pesta Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk merayakan kebahagiaan dengan berkreasi, menari, menyanyi, dan banyak hal lainnya.

Hari Pesta Sedunia awalnya berasal dari novel berjudul Flight: A Quantum Fiction Novel karya Vanna Bonta yang dirilis pada 1995. Novel tersebut cukup populer karena endingnya yang menggambarkan pesta besar.

6. Hari Hewan Akuatik Sedunia

Hari Hewan Akuatik Sedunia atau World Aquatic Animal Day juga diperingati setiap 3 April. Peringatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran global tentang hewan akuatik atau hewan air.

7. Hari Geologi Rusia

Setiap 3 April, penduduk Rusia memperingati Hari Geologi Rusia. Gelogi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi dan semua yang terjadi di dalamnya, termasuk sejarah semua kehidupan yang pernah hidup hingga saat ini.

Adapun peringatan ini diciptakan oleh para ilmuwan di negara tersebut pada April 1966. Dirayakannya Hari Geologi merupakan bentuk apresiasi terhadap semua penelitian yang dilakukan para ahli geologi yang sangat berguna bagi manusia.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.