Sukses

Golkar dan PDIP Buka Pendaftaran untuk Calon Bupati Garut, Tertarik Daftar?

Kami diminta oleh DPD dan DPP semua persyaratan para calon harus sudah diserahkan tanggal 05 April, karena pertengahan April pusat akan mengadakan survei internal Cabup/Cawabup se Indonesia.

Liputan6.com, Garut - Partai koalisi pemerintah mulai membuka pendaftaran calon Bupati Garut, Jawa Barat, yang akan berlaga pada konstelasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November mendatang. Tercatat Golongan Karya (Golkar) bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menjadi partai pertama yang telah membuka pendaftaran bagi para calon konsestan Pilkada Garut 2024.

Ketua Panitia Pendaftaran Calon Bupati Partai Golkar, Deden Sopian, mengatakan, sebagai pemenang Pileg di Garut, partainya hanya membuka waktu pendaftaran calon hingga 4 April 2024 mendatang. “Kami diminta oleh DPD dan DPP semua persyaratan para calon harus sudah diserahkan tanggal 5 April, karena pertengahan April pusat akan mengadakan survei internal Cabup/Cawabup se Indonesia,” ungkap dia.

Untuk hari pertama pendaftaran, terdapat dua calon sudah mendaftar mengambil formulir pendaftaran, yakni Ketua KONI Garut Abdusy Syakur Amin, serta kader partai Golkar Garut Nadiman. Hal senada dilakukan PDIP. Untuk mencari jagoan yang akan berlaga pada Pilkada mendatang, tim besutan Megawati Soekarnoputri itu telah melakukan penjariangan calon sejak 31 Maret hingga pertengahan Mei 2024. 

“Ini karena ada perintah dari DPP untuk menjaring tokoh tokoh potensial baik internal, maupun eksternal,” kata dia.

Yudha menyatakan, pendaftaran calon Pilkada terbuka untuk umum sesuai dengan aturan yang telah ditentukan KPUD Garut, sebagai pihak penyelenggara.

Hasilnya hingga hari kedua dibuka, terdapat empat bacalon Pilkada Garut mendaftar lewat partai kepala banteng bermoncong putih itu. Sebut saja Aceng Hilman Umar Basori, pimpinan Ponpes Fauzan dan Ketua LPM Alma Arip, serta Ketua STIEB NU Garut. Kemudian mantan Ketua Baznas Garut Aas Kosasih, Dadan Wandiansyah serta Mamat Rahmat, dua nama terakhir merupakan kader partai pemenang calon pileg Februari lalu di tiap dapilnya.

Melihat konstelasi politik yang masih berubah, calon pemenang rekomendasi tiap partai yang akan berlaga dalam pilkada Garut 2024 November mendatang belum bisa ditentukan pada saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini