Sukses

Hari Film Nasional 30 Maret, Ini 5 Film Indonesia Pertama dalam Sejarah

Dunia perfilman Indonesia mengalami perkembangan sangat pesat. Adapun era awal perfilman Indonesia dimulai dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada 5 Desember 1900 di daerah Tanah Abang, Batavia, dengan nama Gambar Idoep.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebuah perayaan untuk mengapresiasi insan perfilman tanah air dirayakan setiap 30 Maret melalui Hari Film Nasional. Perayaan ini merupakan momen bangkitnya perfilman tanah air pada era Presiden BJ Habibie.

Dunia perfilman Indonesia mengalami perkembangan sangat pesat. Adapun era awal perfilman Indonesia dimulai dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada 5 Desember 1900 di daerah Tanah Abang, Batavia, dengan nama Gambar Idoep.

Saat itu, bioskop tersebut menayangkan berbagai film bisu. Sejak saat itu, sejarah panjang perfilman Indonesia dimulai. Berikut lima film Indonesia pertama dalam sejarah:

1. Loetoeng Kasaroeng (1926)

Loetoeng Kasaroeng merupakan film pertama yang diproduksi dan dibintangi oleh orang Indonesia. Film ini menjadi langkah awal hadirnya perfilman di Indonesia.

Film tanpa suara ini dibintangi oleh anak-anak priyayi atau bangsawan di masa kolonial. Loetoeng Kasaroeng diambil dari cerita rakyat asal Jawa Barat Lutung Kasarung.

2. Eulis Atjih (1927)

Satu tahun setelahnya hadir film kedua berjudul Eulis Atjih. Film ini merupakan adaptasi pertama Indonesia yang diangkat dari novel karya Joehana.

Film yang dibintangi aktor Indonesia Arsad dan Soekria ini sukses di Hindia Belanda (Indonesia). Namun, saat dibawa ke pasar luar negeri, film ini kurang diminati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lily Van Java (1928)

3. Lily Van Java (1928)

Lily Van Java atau yang juga dikenal dengan Melatie Van Java dirilis pada 1928. Film ini berkisah tentang perjodohan dari seorang perempuan dari keluarga kaya yang terpaksa meninggalkan kekasihnya demi menikahi laki-laki pilihan keluarganya.

4. Resia Boroboedoer (1928)

Masih di tahun yang sama, muncul film berjudul Resia Boroboedoer (Secret of Borobudur). Film ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Young Pei Fen (Olive Young) yang pergi ke Jawa untuk mencari guci berisikan abu Buddha Gautama peninggalan sang ayah, Young Lun Fah.

Guci tersebut berada di Candi Borobudur. Saat mencari guci tersebut, ia menghadapi banyak rintangan, salah satunya serangan ilmu hitam.

5. Setangan Berloemoer Darah (1928)

Pada 1928 juga dirilis film berjudul Setangan Berloemoer Darah. Film ini menjadi film adaptasi novel kedua setelah Eulis Atjih.

Film bisu hitam-putih ini diangkat dari novel karya Tjoe Hong Bok. Film ini sekaligus menjadi film Indonesia pertama yang menyisipkan adegan laga.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini