Sukses

Musim Mudik Lebaran, Pemkot Bandung Bakal Lakukan Ramp Check di Terminal

Inspeksi keselamatan atau ramp check akan dilakukan di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung disebut akan melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check di terminal-terminal saat musim mudik lebaran 2024 ini. Hal itu diklaim jadi upaya memastikan kelayakan angkutan lebaran agar aman, nyaman dan selamat bagi masyarakat.

"Operasi angkutan lebaran mendatang harus disiapkan dengan benar dan teliti, supaya berjalan dengan aman, nyaman dan selamat bagi masyarakat," kata Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar lewat siaran pers, Rabu (27/3/2024).

"Semoga semua persiapan yang telah dilakukan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik," imbuhnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara menyatakan, inspeksi keselamatan atau ramp check akan dilakukan di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada 3-18 April 2024. Pengawasan akan diperketat di Pool Bus Kota Bandung sejak 27 Maret hingga 2 April 2024. "Pengaturan lalu lintas akan dilakukan di 38 lokasi rawan kemacetan dengan pembagian dua shift pada jam 07.00 hingga 14.00 WIB dan jam 14.00 hingga 20.00 WIB," jelas Asep.

Selain itu, kata dia, Pospam akan ditempatkan di 10 lokasi strategis seperti Simpang Dago, Gedung Sate, dan Terminal Leuwipanjang dengan jadwal yang sama. Dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, Dinas Perhubungan Kota Bandung juga telah menyiapkan fasilitas pendukung di terminal. Di antaranya ruang tunggu dan ruang kesehatan yang bekerja sama dengan Dinkes, menyediakan tenaga kesehatan, mobil ambulans, serta perlengkapan medis termasuk tes urine bagi pengemudi.

Dishub Kota Bandung juga akan menyediakan fasilitas pendukung perlengkapan jalan saat mudik lebaran. Sedikitnya, anggota Dishub yang dikerahkan untuk memantau operasi angkutan lebaran yang akan dilaksanakan pada H-7 hingga H+7 Hari Taya Idulfitri 1445 Hijriah yakni sebanyak 706 personel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.