Sukses

Persiapan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024

Dalam rangka menghadapi lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran Idul Fitri 2024 mendatang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan turut melakukan persiapan dari segi keamanan maupun kenyamanan penumpang.

Liputan6.com, Balikpapan - Dalam rangka menghadapi lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran Idul Fitri 2024 mendatang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan turut melakukan persiapan. Salah satunya meningkatkan responsibilitasnya dalam memastikan keamanan para penumpang dengan menggunakan teknologi X-Ray yang canggih.

Teknologi X-Ray digunakan secara intensif untuk memeriksa barang bawaan penumpang dengan cepat dan efisien, sehingga memastikan keamanan di bandara tetap terjaga tanpa mengganggu kelancaran arus penumpang.

Peningkatan penggunaan teknologi ini merupakan bagian dari upaya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam menjaga tingkat keamanan yang tinggi di tengah situasi yang dinamis.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shahab menegaskan bahwa penggunaan teknologi X-Ray telah membantu petugas keamanan untuk melakukan pemeriksaan dengan lebih efektif dan akurat, sehingga mempercepat proses keberangkatan penumpang.

"Security X Ray 5 gate sudah kita persiapkan, jadi untuk antrean akan berkurang," terang Ahmad Syaugi, pada Selasa (26/3/2024)

Hal ini diharapkan dapat mengurangi potensi antrean dan meminimalisasikan kemacetan di area pemeriksaan keamanan. Tak hanya itu, untuk meminimalisasi antrean pihaknya mengimbau kepada pihak Airlines untuk mempersiapkan petugas dalam hal pemisahan bagasi.

"Supaya respons timenya tidak terlalu jauh untuk pelayanan kepada penumpang," jelasnya.

Dengan langkah-langkah ini, Bandara SAMS siap menjamu para penumpang dengan pelayanan yang aman, efisien, dan berkualitas, serta memberikan kontribusi positif dalam mendukung kelancaran arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 H.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Fasilitas Publik Diperbaharui

Selain kesiapan pengamanan pada arus mudik lebaran, bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga memperbaharui sejumlah fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan para penumpang.

“Kalau untuk arus mudik secara prinsip kita ready,” kata Ahmad Syaugi.

Beberapa fasilitas yang diperbarui diantaranya area parkir, musala, toilet, area boarding bahkan plafon dan pencahayaan juga diperbaiki.

Dirinya menjelaskan, area parkir telah diperluas dan ditata dengan baik untuk mengakomodasi lonjakan jumlah kendaraan selama musim mudik. Sistem pengaturan parkir juga ditingkatkan untuk memudahkan para pengguna Bandara.

Fasilitas musala yang ada di bandara telah diperbarui dan ditingkatkan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik bagi para pengunjung yang ingin melakukan ibadah selama menunggu keberangkatan.

“Musala 2 besar kita bangun kita perbaiki,” jelasnya.

Toilet merupakan salah satu fasilitas yang mendapat perhatian khusus. Kebersihan dan kenyamanan toilet di Bandara SAMS menjadi prioritas untuk meningkatkan pengalaman pengguna bandara.

“Semua toilet sudah kita bikin bintang 4,” sebutnya.

Selain itu, berbagai fasilitas lain seperti area komersial dan layanan pendukung lainnya juga telah diperbaharui dan disiapkan dengan baik untuk menyambut para penumpang.

Dengan kesiapan yang telah dilakukan, Bandara SAMS siap menjamu para penumpang dengan standar pelayanan yang terbaik.

Para pengguna jasa transportasi udara diharapkan dapat merasakan pengalaman perjalanan yang lancar dan memuaskan saat menggunakan Bandara SAMS untuk mudik Lebaran tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini