Sukses

BSSN Melakukan Verifikasi Kematangan Keamanan Siber pada PT Digital Solusi Grup

Tujuan kedatangan pihak BSSN untuk melakukan verifikasi menyeluruh terhadap CSM di kantor pusat PT Digital Solusi Grup di Malang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Digital Solusi Grup menerima kunjungan penting dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada 6-7 Maret 2024. Kehadiran BSSN itu menandai tonggak penting dalam komitmen perusahaan terhadap perlindungan keamanan siber.

Kunjungan ini dipimpin oleh perwakilan BSSN, Suharjono beserta tim. Adapun tujuan kedatangan pihak BSSN untuk melakukan verifikasi menyeluruh terhadap Kematangan Keamanan Siber atau Cybersecurity Maturity (CSM) di kantor pusat PT Digital Solusi Grup di Malang.

Verifikasi ini merupakan hal yang sangat penting mengingat peran PT Digital Solusi Grup sebagai penyedia layanan keamanan terkemuka, memastikan kepatuhan terhadap berbagai undang-undang dan peraturan, seperti UU No 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP), UU No 11 Tahun 2008, dan UU No 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, yang telah diturunkan menjadi peraturan pemerintah (Perpres) No 82 Thun 2022 tentang Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital (IIV).

Kunjungan ini bertujuan untuk menilai kematangan keamanan siber pada PT Digital Solusi Grup, mengingat aktivitas dan juga potensi resiko yang perlu dimitigasi oleh PT Digital Solusi Grup. 

Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan perusahaan sebagai Penyedia Managed Service Provider (MSP) dan mengukur keahliannya dalam melindungi aset informasi yang krusial.

Suhariono, dalam kunjungannya menekankan pentingnya menyelaraskan praktik keamanan siber PT Digital Solusi Grup dengan kerangka kerja regulasi seperti Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2022 tentang perlindungan infrastruktur informasi vital. Selain itu, inisiatif ini sejalan dengan Peraturan BSSN Nomor 10 Tahun 2023 mengenai pengukuran tingkat kematangan keamanan siber.

Proses verifikasi pada PT Digital Solusi Grup dilaksanakan dengan 2 (dua) tahap, pertama adalah berupa penilaian mandiri (self-assessment) dan yang kemudian akan diverifikasi oleh team Verifikator BSSN secara keseluruhan. Hasil dari agendadalah sertifikat tingkat keamanan siber yang akan diterbitkan,serta dapat menjadi dasar untuk perbaikan berkelanjutan dan verifikasi pada tahun-tahun berikutnya.

Inisiatif ini menegaskan komitmen dari PT Digital Solusi Grup terhadap kepatuhan, perlindungan data, dan ketahanan keamanan siber Perusahaan, menempatkannya sebagai mitra terpercaya dalam ekosistem digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini