Sukses

Mengenal Pantai Watu Lawang, Wisata Pantai Cantik yang Memesona

Pantai Watu Lawang adalah pantai dengan pasir putih yang cantik dan memesona.

Liputan6.com, Bandung - Membicarakan keindahan alam yang ada di Indonesia sering kali terasa tidak ada habisnya. Pasalnya, Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang populer di antara wisatawan karena pesonanya yang menakjubkan.

Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah wisata pantai, sebab Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai menarik. Bahkan, beberapa pantai yang ada di Indonesia sering masuk dalam daftar pantai terindah di dunia.

Misalnya saja, Pantai Watu Lawang yang lokasinya ada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini dikenal dengan pasir putihnya yang cantik dan kerap dijadikan tempat untuk menikmati suasana berkemah menghadap laut.

Wisatawan yang mengunjungi pantai ini akan menemukan banyak hal-hal menakjubkan, mulai dari pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, tebing-tebing batu yang megah, dan suara ombak yang menenangkan.

Melansir dari beberapa sumber Pantai Watu Lawang membentang luas dari daerah Gunung Kidul sampai ke perbatasan Kabupaten Wonogiri. Nama Pantai ini berasal dari bahasa Jawa yaitu “Watu” yang berarti “Batu” dan “Lawang” yang berarti “Pintu”.

Secara harfiah nama pantainya memiliki arti sebagai “Pantai Batu” namun terdapat makna tersendiri dari nama tersebut. Diketahui ada batu karang yang berbentuk seperti pintu atau gerbang sehingga hal tersebut menjadi inspirasi dari penamaan pantainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Pantai Watu Lawang

Lokasi Pantai Watu Lawang ada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisatawan bisa mengunjungi pantai ini dengan menempuh jarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Watu Lawang buka setiap hari selama 24 jam wisatawan bisa membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan harga tiket parkir kendaraan baik roda dua atau roda empat.

Pengunjung bisa membeli tiket tersebut melalui loket atau pintu masuk pantai dan bisa membayar biaya tambahan untuk menyewa sejumlah fasilitasi, mulai dari sewa tenda, tikar, atau kursi santai.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang dikenal dengan pantai yang mempunyai daya tarik keindahan alam yang mempesona. Pantai ini menyajikan pasir putih lembut dengan air laut yang berwarna biru cantik berpadu dengan pasir pantai.

Wisatawan bisa menikmati pantai ini dengan bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan sunrise atau sunset yang cantik. Keindahannya memberikan nuansa romantis terutama untuk pengunjung yang datang bersama pasangannya.

Pantai ini juga memiliki gua unik yang berasal dari batu karang dan memiliki pintu masuk dari pantai. Gua tersebut dikenal dengan nama Gua Watulawang dan biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menggelar upacara adat Sadranan atau Nyadran.

4 dari 4 halaman

Aktivitas di Pantai Watu Lawang

Berikut ini sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan ketika berlibur dan bersantai di Pantai Watu Lawang:

1. Berjemur dan bersantai

Aktivitas paling sederhana dan menenangkan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan adalah menikmati waktu berjemur atau bersantai di pinggiran pantai. Pengunjung juga bisa bermain pasir putih yang lembut dengan anak-anak.

Kemudian pengunjung juga bisa bersantai menikmati suasana syahdu dengan suara ombak yang menenangkan atau menikmati sinar matahari pagi yang hangat sambil bersantai di pinggir pantai.

2. Berkemah

Pantai Watu Lawang sering dijadikan sebagai spot berkemah dengan pemandangan laut yang cantik. Pasalnya terdapat area daratan yang luas dan tebing pantai yang bisa digunakan untuk berkemah dan menikmati pemandangan pantai dari atas tebing.

Pengunjung juga bisa memilih spot berkemah di area bibir pantai dan di sekitarnya terdapat fasilitas berupa toilet dan air bersih. Namun, perlu diperhatikan bahwa pengunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan.

3. Bermain air

Pengunjung bisa menikmati Pantai Watu Lawang dengan bermain air di dekat bibir pantai. Namun, wisatawan dilarang untuk berenang di laut tersebut karena gugusan pantainya tidak aman untuk berenang dan di lokasi terdapat tanda larangan untuk berenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini