Sukses

Olahraga Aman dan Efektif di Bulan Ramadan ala Orang Gorontalo

Berikut saran untuk membantu kalian menjalani program olahraga dengan baik selama bulan suci ini ala Yudit olahragawan di Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah di mana umat Islam menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Bagi banyak orang, menjaga kebugaran fisik selama bulan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan pendekatan yang tepat, olahraga tetap dapat dilakukan dengan aman dan efektif selama bulan Ramadhan.

Berikut saran untuk membantu kalian menjalani program olahraga dengan baik selama bulan suci ini ala Yudit olah ragawan di Gorontalo.

Menurut Yudit Iskandar, waktu terbaik untuk berolahraga selama Ramadhan adalah setelah berbuka puasa atau sebelum sahur. Setelah berbuka, tubuh sudah mendapat asupan nutrisi dan cairan yang cukup untuk mendukung aktivitas fisik.

Sedangkan sebelum sahur, tubuh masih memiliki waktu untuk mengisi energi sebelum mulai berpuasa kembali. Hindari berolahraga saat siang hari ketika suhu dan tingkat kelembaban tinggi

"Sebab itu dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan kelelahan," kata Yudit.

Selain itu, dia menyarankan untuk memilih jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani tubuh. Terutama saat awal-awal berpuasa. Beberapa pilihan olahraga yang cocok untuk bulan Ramadhan antara lain berjalan kaki.

"Jogging ringan, yoga, atau bersepeda santai itu lebih mudah dilakukan dan ringan bagi orang yang berpuasa," katanya.

Kita diminta untuk memperhatikan olahraga yang membutuhkan intensitas tinggi atau terlalu banyak gerakan. Hal itu dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

Selain tips ini, sebelum olahraga kita diminta untuk menghindari makanan yang berlemak dan berat saat sahur. Dikarenaka dapat membuat kalian merasa lemas dan lambat dalam bergerak.

"Kalau ingin olehraga saat berpuasa, jangan memakan makanan yang banyak mengandung lemak," katanya.

Menurutnya, jika berolahraga selama bulan Ramadhan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Asalkan dilakukan dengan bijaksana dan penuh kesadaran.

Dengan mengikuti panduan di atas, kalian dapat menjalani program olahraga dengan aman dan efektif selama bulan Ramadhan. Menjaga kesehatan dan kebugaran kalian selama bulan suci ini adalah yang utama.

"Tetaplah berpuasa dengan penuh keikhlasan dan semangat yang tinggi. Tetap selalu memperhatikan risiko berolahraga," ia menandaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.