Sukses

Dilaporkan Hilang, Nelayan Lebak Ditemukan di Yogyakarta Usai Kehabisan BBM

Dua nelayan dilaporkan selamat usai berenang, sementara dua lainnya masih hilang.

 

Liputan6.com, Yogyakarta - Nelayan asal Binuangeun Kabupaten Lebak, Banten, yang dilaporkan hilang ditemukan di perairan Yogyakarta pada Rabu malam (13/4/2024). Nelayan yang menggunakan Kapal Motor (KM) Mugi Jaya itu terdampar usai kehabisan bahan bakar minyak (BBM). 

"Nelayan Lebak itu ditemukan hari Rabu (13/3) pukul 19.00 WIB di Kulonprogo Yogyakarta usai kehabisan BBM," kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Banten Heru Amir saat dihubungi di Lebak, Kamis (14/3/2024).

Nelayan Lebak yang menggunakan KM Mugi Jaya kehabisan BBM dengan kondisi kapal lego jangkar dan mereka berenang ke pinggir pantai serta diselamatkan oleh nelayan setempat.

Dua nelayan bisa diselamatkan sementara dua rekan lainnya masih dalam pencarian. Kedua nelayan yang diselamatkan itu atas nama Masita dan Acil menjalani perawatan inap di Rumah Sakit Kulonprogo, Yogyakarta. Sedangkan, dua rekan lainnya Arba dan Anggi masih dalam pencarian tim Basarnas Yogyakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Singkat

Heru Amir menceritakan, peristiwa nelayan terdampar itu berawal saat empat nelayan Kabupaten Lebak yang menggunakan kapal KM Mugi Jaya melaut, pada Jumat (8/3/2024) pukul 15.30 WIB. Keempatnya atas nama Arba, Acil, Anggi, dan Masita dan biasanya kembali ke PPI Binuangeun, Sabtu (9/3/2024) sore.

Namun, keempat nelayan itu hilang kontak dengan keluarganya sampai Minggu (10/3/2024). Para nelayan sekitar Perairan Selatan Banten hingga Pelabuhanratu tidak menemukan keempatnya.

Karena itu, Basarnas Banten berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencari keempat nelayan yang menggunakan KM Mugi Jaya, namun para nelayan tidak menemukanya.

"Kami berharap kedua nelayan yang masih dalam pencarian bisa ditemukan dalam kondisi selamat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini