Sukses

Simak, Cara Mudah Merebus Kacang Tanah Agar Cepat Empuk

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi. Berikut cara merebus kacang tanah dengan mudah.

Liputan6.com, Bandung - Kacang tanah menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi dan memiliki rasa yang gurih. Makanan ini sering menjadi cemilan favorit bagi beberapa orang karena rasanya yang nikmat.

Mengutip dari Umsu kacang tanah dikenal dengan nama Arachis Hypogaea dan menjadi makanan yang memiliki manfaat luar biasa. Kacang tanah menyimpan banyak nutrisi yang baik terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Contohnya kandungan nutrisi seperti vitamin E dan zinc yang ada dalam kacang tanah bisa membantu dalam menjaga kualitas penglihatan. Kemudian kandungan polifenol antioksidan, asam p-coumaric di dalamnya dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

Melansir dari WebMD, kacang tanah memiliki kandungan protein lemak sehat, dan serat yang baik untuk tubuh. Bahkan, lemak dalam kacang tanah terbukti bermanfaat untuk menurunkan kolesterol secara signifikan.

Biasanya orang-orang menikmati sajian kacang tanah dengan cara direbus karena kacang tanah yang direbus memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Sementara itu proses merebus kacang tanah membutuhkan waktu yang cukup lama.

Melalui artikel ini akan dibahas bagaimana cara merebus kacang tanah dengan mudah dan cepat agar hemat gas dan memakan waktu yang sebentar. Cara tersebut dibagikan oleh kanal YouTube Dapur Leony.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merebus Kacang Tanah Agar Empuk

Melalui unggahan di kanal YouTube Dapur Leony, berikut ini adalah rangkuman untuk merebus kacang tanah dengan mudah dan cepat:

1. Mencuci kacang tanah hingga bersih

Sebelum merebus kacang tanah kita perlu membersihkannya dengan bersih dengan melakukan pencucian dua kali dan ganti airnya setiap kali pencucian. Kemudian di rendaman kedua diamkan kacang tanah selama sekitar 15 menit sebelum dicuci kembali.

2. Rebus dengan menambahkan garam

Ketika seluruh kacang tanah sudah bersih dicuci kita bisa merebus kacang dalam air mendidih. Pastikan seluruh kacang telah dimasukkan dan tambahkan sekitar dua sendok teh garam ke dalam panci.

Tutup panci dan rebus kacang selama lima menit, jika sudah matikan api dan biarkan kacang selama setengah jam. Setelah didiamkan kacang akan tampak sedikit agak gelap dan lanjutkan dengan merebus kacang tanah selama 7 menit.

3. Setelah direbus biarkan kacang selama 1 jam

Jika sudah direbus kembali selama 7 menit biarkan kacang tersebut dalam keadaan tertutup selama 1 jam. Setelah 1 jam angkat kacang tanah dan tiriskan kacang ke dalam wadah terpisah.

Kacang akan terlihat berbeda dari sebelum dimasak dan mempunyai tekstur yang empuk dan lumer ketika ditekan. Sehingga proses perebusan hanya membutuhkan waktu sekitar 12 menit yang membantu kita dalam menghemat gas.

3 dari 4 halaman

Manfaat dari Kacang Tanah

Melansir dari Umsu kacang tanah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia berikut ini di antaranya:

1. Meningkatkan massa otot

Kacang tanah mengandung protein dan protein menjadi nutrisi yang penting dalam membangun serta memperbaiki jaringan otot. Protein juga bisa membantu seseorang meningkatkan massa ototnya terutama ketika orang tersebut aktif berolahraga.

2. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang ada dalam kacang tanah membantu tubuh untuk memiliki pencernaan yang sehat. Mengonsumsi serat juga bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu upaya seseorang menurunkan berat badannya.

3. Menurunkan kolesterol

Kacang tanah memiliki kandungan lemak sehat terutama asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga mengonsumsi kacang tanah bisa berkontribusi menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4 dari 4 halaman

Manfaat dari Kacang Tanah

4. Menurunkan risiko diabetes

Kacang tanah mempunyai indeks glikemik rendah sehingga mengonsumsinya tidak cepat meningkatkan kadar gula darah. Seseorang yang mempunyai diabetes atau yang ingin mencegah risiko penyakit diabetes bisa mengonsumsi makanan tersebut.

5. Meningkatkan penglihatan

Kacang tanah memiliki kandungan nutrisi Vitamin E dan zinc yang penting bagi menjaga kualitas penglihatan. Sehingga mengonsumsi kacang tanah secara teratur bisa membantu dalam melindungi mata dari masalah penglihatan.

6. Mencegah kanker

Kacang tanah memiliki kandungan polifenol antioksidan termasuk asam p-coumaric yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut bisa membantu dalam melawan pertumbuhan sel kanker.

Antioksidannya juga dapat membantu dalam melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan berkontribusi untuk mencegah perkembangan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.