Sukses

Tak Hanya Piala Oscar dan Grammy Awards, Ini 7 Ajang Penghargaan Bergengsi di Perfilman dan Musik

Dari berbagai ajang penghargaan yang telah diadakan, ada beberapa ajang besar yang dianggap sebagai ajang penghargaan tertinggi di bidangnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ajang penghargaan menjadi salah satu capaian bagi para profesional. Penghargaan bergengsi menjadi tolok ulur kesuksesan seseorang di bidang tertentu.

Dari berbagai ajang penghargaan yang telah diadakan, ada beberapa ajang besar yang dianggap sebagai ajang penghargaan tertinggi di bidangnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan ajang penghargan besar dan bergengsi di bidang perfilman dan musik:

1. Academy Awards (Piala Oscar)

Academy Awards atau yang lebih dikenal berkat piala penghargaannya, Oscar, merupakan ajang penghargaan tertua dalam sejarah. Piala Oscar pertama kali dilaksanakan pada 16 Mei 1929 oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) di Hollywood Roosevelt Hotel.

Namun, Academy Awards baru disiarkan pertama kali di radio pada 1930 dan televisi pada 1953. Hingga kini, Piala Oscar menjadi ajang tertinggi di dunia perfilman internasional yang menjadi ajang terpenting di Hollywood.

2. The British Academy Film Awards (BAFTA Awards)

The British Academy Film Awards atau BAFTA Awards adalah ajang penghargaan yang dipersembahkan oleh The British Academy of Film and Television Arts.

BAFTA Awards pertama kali dibuat pada 29 Mei 1949. Kala itu, BAFTA Awards digelar untuk memberikan penghargaan kepada film Inggris dan internasional terbaik. Namun, penghargaan ini terbatas pada film yang diputar di Inggris Raya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golden Globe Awards

3. Golden Globe Awards

Golden Globe Awards sudah diadakan sejak 1947. Penghargaan ini memberikan penghormatan pada dunia perfilman dan petelevisian, baik di Amerika Serikat maupun internasional.

Golden Globe Awards digelar oleh Hollywood Foreign Press Association. Adapun keseluruhan nominasi terbagi menjadi dua kategori besar, yakni komedi atau musikal dan drama.

4. Grammy Awards

Ajang Grammy Awards memberikan penghargaan bagi para musisi dunia. Ajang tertinggi di bidang musik ini diadakan pertama kali pada 4 Mei 1959 oleh The Recording Academy. Kala itu, Grammy digelar untuk memberikan penghargaan kepada musisi yang terlibat di industri musik berbahasa Inggris.

Grammy Awards menampilkan 14 genre dengan empat kategori utama atau umum, 80 kategori lain, dan satu nominasi khusus. Empat kategori utama atau umum merupakan capaian tertinggi di Grammy dan tidak dibatasi oleh genre, yaitu Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year, dan Best New Artist.

5. American Music Award (AMAs)

Penghargaan musik bergengsi selanjutnya yang diakui di dunia adalah American Music Awards (AMAs). Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 1974.

6. Billboard Music Award (BBMAs)

Masih di bidang musik, ada juga ajang penghargaan bergengsi Billboard Music Award (BBMAs). Penghargaan ini diberikan oleh salah satu perusahaan rekaman, majalah, dan iklan yang erat kaitannya dengan musik. Billboard Music Award menggunakan kata Top untuk setiap kategorinya.

7. MTV Video Music Award (MTV VMAs)

MTV memang memiliki pengaruh besar di negara asalnya, terutama terkait musik. Selain menyajikan video-video musik terhits masa kini, MTV juga menghelat ajang penghargaan yang cukup bergengsi, yaitu MTV Video Music Award atau MTV VMAs.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.