Sukses

Sterilisasi dan Vaksinasi Rabies Gratis di Kota Bandung, Cek Jadwal dan Syaratnya

Vaksinasi dan sterilisasi gratis itu termasuk kegiatan prioritas kewaspadaan terhadap bahaya rabies.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung akan menggelar sterilisasi dan vaksinasi rabies gratis di Kota Bandung. Warga diimbau untuk memanfaatkan layanan tersebut guna kesehatan hewan kesayangan masing-masing.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh mengatakan, vaksinasi dan sterilisasi gratis itu termasuk kegiatan prioritas kewaspadaan terhadap bahaya rabies.

"Memang vaksin ini bagian prioritas dan bagian kewaspadaan penyakit rabies di Kota Bandung," kata dia di Bandung, Senin, 11 Maret 2024.

Untuk vaksin rabies, DKPP menargetkan 250 ekor hewan kucing dan anjing. Sedangkan sterilisasi kucing, ditargetkan 130 ekor kucing liar (tidak berpemilik).

"Kita upayakan ini agar tidak tersebar penyakit, juga steril ini penting. Apalagi tidak ada pemiliknya," tutur Wilsandi. "Jadi warga Bandung bisa bawa hewan peliharaan dan kucing liarnya untuk dilakukan sterilisasi," imbuhnya.

Wilsandi menyampaikan, kegiatan tersebut bertempat di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung pada Sabtu, 16 Maret 2024, pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat dan Ketentuan

Adapun syarat sterilisasi kucing:

1. Wajib daftar terlebih dahulu 2. Upload video penangkapan kucing di H-1 dan pelepasan kucing dalam bentuk reels instagram 3. Memiliki KTP Kota Bandung 4. Minimal usia 6 bulan atau jika berat sudah 1,5 kg 5. Kondisi sehat 6. Khusus untuk kucing liar domestik/lokal (bulu pendek) 7. 1 orang hanya bisa mendaftar 1 kucing 8. Kucing tidak sedang menyusui dan tidak bunting

Syarat vaksin rabies:

1. Khusus bagi pemilik ber-KTP Kota Bandung

2. Isi 1 google form untuk 1 ekor hewan

3. 1 KTP maksimal mendaftarkan 5 ekor hewan

4. Kondisi hewan dalam keadaan sehat

5. Kucing minimal 4 bulan, berat badan minimal 2 kg

6. Anjing minimal 4 bulan.

Sedangkan form pendaftaran untuk steril gratis http://tiny.cc/LAISteril160324.

Sementara untuk vaksin rabies gratis http://tiny.cc/VaksinGratis160324.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan The Brady Hunter Foundation, Let's Adopt Indonesia, PDHI Jawa Barat, Telkom University, Universitas Padjajaran, Voluntrip by Kitabisa, Animonda, perikertas.com dan Caatis.

Keterangan lebih lanjut, bisa dipantau pada media sosial Iinstagram DKPP Kota Bandung, @bdg.pangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.