Sukses

Deretan Skill Agar Sukses Jadi HRD dari Kopdar Praktisi se-Jabodetabek

Peran dari Human Resources Development atau HRD begitu besar dalam sebuah perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Peran dari Human Resources Development atau HRD begitu besar dalam sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia internal, mulai dari proses rekrutmen dan pengembangan berkelanjutan selama karyawan tersebut masih berada di perusahaan.

Lantas apa saja sih skill yang harus dimiliki untuk jadi seorang HR yang andal? Hal pertama yang pertama perlu Anda pahami saat menjadi seorang HRD adalah kemampuan komunikasi dengan baik. Hal ini memang sekali terlihat sederhana. Namun ternyata tidak semua orang memilikinya dengan baik. 

Kemampuan komunikasi secara verbal dan lisan untuk menyampaikan pesan dengan benar adalah hal penting. Kemampuan ini akan membantu Anda dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan karyawan dan manajemen perusahaan. 

Anda harus dapat menyampaikan informasi yang jelas dan tepat kepada karyawan, termasuk dalam memberikan umpan balik untuk dapat membangun dan mengembangkan karir mereka.

Kemampuan ini juga akan berguna ketika Anda menghadapi situasi tertentu. Misalnya untuk menganalisa sesuatu atau menghadapi masalah pengelolaan karyawan.

Kemudian, perusahaan tentunya memiliki kerja sama dengan banyak pihak termasuk eksternal seperti konsumen, komunitas, investor, klien, media, pemerintah dan lainnya. Anda wajib untuk membangun dan membina hubungan baik dengan pihak-pihak tersebut. 

Anda juga harus piawai menghadapi situasi, bahkan ketika tidak menguntungkan sama sekali. Bisa jadi Anda akan dihadapkan pada situasi krisis atau sulit yang dialami oleh perusahaan. Dan kemampuan HRD yang berkualitas untuk memiliki rencana strategis akan berperan besar dalam mengelola situasi tersebut.

Pamungkas, HRD harus mampu memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun program pelatihan dan strategi pengembangan karir serta memberikan nilai tambah bagi karyawan.

Dengan begitu, akan dapat membangun motivasi karyawan agar kinerja mereka semakin meningkat. Selain memberi motivasi dan inspirasi, HRD juga harus mampu memberikan umpan balik yang membangun dan memberikan dukungan kepada karyawan untuk membangun karir lebih baik. 

Dalam menjalani profesi sebagai HRD, pengembangan skill adalah hal utama. Berangkat dari keinginan untuk memberikan tambahan terhadap kemampuan diri, sebanyak 74 praktisi HRD Jabodetabek mengikuti Kopdar KelasHR.com pada 20 Februari 2024 lalu di Central Park Mall, Jakarta Barat.

Mereka adalah praktisi yang berasal dari berbagai perusahaan di Jakarta dan sekitarnya. Kopdar tersebut menghadirkan pemateri Pambudi Sunarsihanto, HR Director PT Kapal Api Global ini berpengalaman bekerja sebagai HR Director di Aqua Danone, Citibank, hingga Bluebird Group.

“Tujuan dari Kopdar ini adalah meningkatkan kemampuan dengan belajar dari senior tentang cara berkarir sebagai HRD. Pak Pambudi sudah berpengalaman sebagai HR director di berbagai perusahaan ternama baik di dalam atau luar negeri,” kata pendiri KelasHR.com, Saiful Anwar Al-Fatih.

Kopdar ini menjadi kegiatan yang sedianya akan rutin digelar selama 3 kali dalam setahun. Sekaligus menjadi ajang berkumpulnya para praktisi HRD. 

“Kami juga ingin lebih memperkuat relasi para praktisi HRD dari berbagai perusahaan di sekitar Jabodetabek,” ujar Saiful. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini