Sukses

Priit.. Mulai Hari Ini hingga Awal Ramadan Polisi Gelar Operasi Gabungan

Melalui operasi ini kami berharap menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, kemudian angka pelanggaran menjadi turun.

Liputan6.com, Garut - Tercatat mulai Senin, 4 Maret hingga 17 Maret 2024 atau pekan pertama Ramadan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut, Jawa Barat, bakal menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024. Cek seluruh kelengkapan surat kendaraan anda.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Garut, Iptu Aang Andi Suhandi mengatakan, tujuan diselenggarakannya operasi untuk meningkatkan kedisiplinan dan melindungi keselamatan masyarakat Kabupaten Garut dalam berlalu lintas.

“Melalui operasi keselamatan lodaya 2024 ini kami berharap menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, kemudian angka pelanggaran menjadi turun,” ujarnya usai menggelar apel gelar pasukan di lapangan Mapolres Garut, Sabtu (2/3/2024).

Selain patuh administrasi kelengkapan kendaraan, pelaksanaan operasi gabungan yang akan dilakukan hingga pekan pertama Ramadan itu, diharapkan mampu mewujudkan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Garut.

Selain kelengkapan surat kendaraan, ada 8 poin yang menjadi perhatian Operasi Keselamatan Lodaya 2024, diantaranya pengemudi kendaraan yang melawan arus, pengemudi dibawah umur, pengemudi yang tidak memakai helm tidak sesuai standar, pengemudi saat berkendara menggunakan handphone, dan pengemudi yang terpengaruh minuman beralkohol.

“Intinya pengemudi harus mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku,"ujar dia mengingatkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Knalpot Brong

Tidak hanya itu, pelaksanaan operasi gabungan diharapkan mampu menekan penggunaan knalpot brong atau tak sesuai aturan yang berlaku.

“Kami juga akan menindak tegas aksi konvoi kendaraan ataupun balapan liar yang memang sangat mengganggu ketertiban di masyarakat,” kata dia.

Terakhir, selama operasi berlangsung, petugas membubarkan parkir liar yang berpotensi mengganggu dan menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.

Rencananya kegiatan operasi akan dilaksanakan di sejumlah titik wilayah hukum polres Garut yang berpotensi rawan pelanggaran berlalu-lintas.

“Kita juga akan melaksanakan tilang dengan menggunakan Etle mobile (Tilang elektronik) dan akan melaksanakan teguran,” kata dia.

Selama operasi berlangsung, polisi juga melaksanakan sosialisasi dan pembinaan kepada para pelajar di sekolah mereka, mengenai pentingnya ketertiban berlalu lintas.

“Kita akan datang ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan bahwa berkendara di bawah umur di larang,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.