Sukses

Nikmatnya Sate Maranggi Racikan Yetty, Kuliner Purwakarta yang Diburu Wisatawan

Kuliner di Kabupaten Purwakarta Jabar yang terkenal adalah Sate Maranggi Haji Yetty dengan rasa yang nikmat.

Liputan6.com, Purwakarta - Jika mendengar nama Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat (Jabar), pasti akan langsung teringat dengan kuliner khasnya yakni sate maranggi.

Dari banyaknya pedagang sate maranggi di Purwakarta, ada satu restoran yang selalu ramai pengunjung, yakni Sate Maranggi Haji Yetty.

Sate maranggi ibu dua anak ini berada di ruas jalan utama Purwakarta-Cikampek, tepatnya di Kecamatan Bungursari Purwakarta Jabar.

Setiap hari selalu ramai para pengunjung untuk menyicipi sate maranggi racikan tangan Yetty yang sudah melegenda di Purwakarta.

Tak sedikit pengunjung yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, yang sengaja mampir ke Purwakarta untuk menyicipi sate maranggi yang terkenal ini.

Usaha kuliner sate maranggi tersebut sudah dirintis Yetty sejak tahun 1990-an, hingga menjadi besar dan terkenal sampai saat ini.

Di lokasi tempatnya jualan, dulunya menjadi usaha ayah Yetty, yang terlebih dulu menjual es kelapa muda yang juga laris manis diburu pengunjung.

Berbeda dengan sate maranggi yang lain, daging sate racikan Yetty disajikan dengan ukuran jumbo dan tekstur yang lembut.

<p>Sate maranggi Hj Yetty di Purwakarta Jawa Barat (Jabar) yang selalu ramai pengunjung (Liputan6.com / Nefri Inge)</p>

Ditambah dengan bumbu kacang yang sedang dan sajian sambal khas dengan potongan tomat dan cabai rawit hijau yang pedas.

Ada banyak jenis sate yang disajikan dan bisa dipilih pengunjung, mulai dari sate maranggi kambing, sapi hingga ayam.

Menu lainnya yang tak kalah sedap yakni ayam dan ikan bakar, sop iga buntut sapi, sop iga kambing, gule sapi dan kambing dan soto daging sapi.

Ada juga sop dan soto dengkul, soto babat, soto ayam, tahu dan tempe mendoan, kupat tahu, pepes ikan mas dan lainnya.

Selain sate maranggi, para pengunjung juga tak melewatkan kesempatan untuk menyicipi tutut atau gondang sawah dengan racikan bumbu yang menyerap sampai ke dagingnya.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sate Maranggi

Untuk harganya sendiri cukup bervariatif dipatok. Sate maranggi dihargai mulai dari Rp5.000 – Rp6.000 per tusuknya, atau seporsi sate maranggi seharga Rp50.000 – Rp.60.000.

Lalu, menu soto, sop dan tutut bisa dibeli dari harga Rp20.000 hingga Rp40.000 per porsinya. Sedangkan untuk tahu tempe mendoan dan kupat tahu dibandrol seharga Rp16.364 seporsi.

Menu yang paling mahal yakni ayam bakar seharga Rp120.000 per porsi dan ikan bakar gurame seharga Rp120.000 per porsi. Lalu ada cobek ikan gurame dan cobek ayam / ekor seharga Rp130.000 per porsinya.

Sapta, salah satu pengunjung sate maranggi Yetty mengatakan, baru kali ini dia makan sate maranggi dengan rasa yang lezat.

“Walau harganya terbilang cukup mahal, tapi sesuai dengan rasanya yang nikmat dan dagingnya benar-benar empuk dan besar. Seporsi sate bisa untuk berbagi bareng teman-teman,” ucap warga Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) kepada Liputan6.com, Minggu (25/2/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.