Sukses

Jokowi Janji Bangun Stadion di Sulawesi Selatan Tahun Ini

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Liputan6.com, Makassar - Presiden Joko Widodo memastikan akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hal itu diungkapkan oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin usai mendampingi kunjungan kerja Jokowi. 

"Tadi saya diarahkan langsung oleh beliau, silahkan disampaikan kepada masyarakat Sulawesi Selatan Insya Allah aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan untuk memiliki sebuah stadion yang representatif Insyaallah tahun ini akan dibangun oleh Kementerian PUPR," kata Bahtiar, Kamis (22/2/2024). 

Bahtiar menjelaskan sebenarnya Pemprov Sulsel melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah telah mengusulkan pengadaan stadion di Sulawesi Selatan sejak tahun lalu. Pengusulan itu pun baru bisa terealisasi tahun ini. 

"Sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu, bersama Forkompinda bersama Bapak Kapolda dan Pangdam. Tadi Bapak Presiden menjanjikan langsung tahun ini dibangun. Stadion Insya Allah tahun ini dibangun di Sulawesi Selatan oleh Kementerian PUPR," jelasnya. 

Bahtiar Baharuddin mengaku dirinya telah diminta untuk menyiapkan lahan yang bakal menjadi lokasi pembangunan stadion tersebut. Presiden Jokowi pun meminta lahan tersebut harus clear dari sengketa dan siap dibanguni stadion. 

"Tugas saya adalah menyiapkan lahannya yang clear, dan lahan yang sangat clear milik Pemprov sendiri adanya di Sudiang yang memang Sudiang itu adalah sport center, luasnya ada 75 hektare disitu," ucapnya. 

Lebih jauh, Dirjen Polpumdagri Kemendagri itu menuturkan, sebenarnya Kementerian PUPR hanya membutuhkan lahan seluas 10 hektare untuk membangun stadion. Namun Bahtiar memastikan bahwa pihaknya akan menyiapkan lahan seluas 20 hektare agar stadion yang dibangun bisa digunakan untuk event besar. 

"Lahan yang sebenarnya dibutuhkan cukup 10 hektare, tapi kami siapkan 20 hektare supaya kawasan itu benar-benar bisa menjadi Kawasan stadion yang layak dan bisa digunakan untuk event-event yang skalanya besar," ujarnya. 

Bahtiar pun mengaku sangat bahagia usai Presiden Jokowi memastikan akan membangun stadion di Kota Makassar. Pasalnya selama ini masyarakat mendambakan stadion yang bisa menjadi markas klub sepak bola kebanggaan Tanah Bugis, PSM Makassar

"Dan saya sekali lagi tak bisa menyembunyikan kebahagiaan karena hal yang sangat didambakan masyarakat kita insya Allah tahun ini akan diwujudkan oleh Bapak Presiden kita Insinyur H Joko Widodo," Bahtiar memungkasi. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.