Sukses

Terima Informasi Kecurangan, Caleg dan Simpatisannya Serang TPS di Sidrap Pakai Samurai

Pelaku berjumlah 4 orang berhasil ditangkap polisi tanpa perlawanan.

Liputan6.com, Sidrap - Seorang calon anggota legislatif bersama tiga simpatisannya terpaksa harus berurusan dengan aparat kepolisian. Mereka ditangkap lantaran menyerang TPS 10, Kelurahan Batu, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan pada Rabu (14/2/2024) malam. 

Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syag membenarkan ihwal kejadian tersebut. Dia menyebut keempat pelaku adalah AT alias Tembol (32), MZ alias Lace (30), AJ (29) dan IT (25). 

"Pelaku sudah kita tangkap. Ada empat orang. Pelaku utama AT alias Tembol adalah caleg DPRD Kabupaten," kata Erwin, Kamis (15/2/2024). 

Dia menjelaskan kejadian itu bermula dari adanya informasi yang diterima oleh salah seorang pelaku tentang adanya dugaan kecurangan berupa pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh KPPS di TPS 10 Kelurahan Batu saat tengah malam.

Informasi itu kemudian membuat keempatnya mendatangi TPS tersebut dan mengancam petugas KPPS menggunakan senjata tajam. Tak hanya itu para pelaku juga merusak kotak suara dan sejumlah sarana yang ada di dalam TPS. 

"Pelaku menggunakan samurai menebas kotak suara hingga surat di dalamnya juga robek. Pelaku juga merusak sarana seperti kursi dan lainnya," jelas Erwin. 

Beruntung para anggota KPPS yang berada di dalam TPS berhasil menyelamatkan diri. Sehingga insiden tersebut tidak memakan korban jiwa. 

Selain menangkap para pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 4 kursi plastik yang dirusak, 2 kotak suara yang dirusak dan sebilah samurai yang digunakan oleh pelaku. 

"Pelaku dan barang bukti saat ini sudah kita amankan di Mapolres untuk proses lebih lanjut," Erwin memungkasi. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini