Sukses

9 Kampung Kreatif di Indonesia, dari Kampung Gitar hingga Kampung YouTuber

Berbagai kampung kreatif ini memiliki ciri khas pengembangan produk unggulan di setiap subsektor ekonomi kreatif, mulai dari subsektor kuliner, musik, seni rupa, fesyen, dan lainnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya desa wisata, Indonesia juga memiliki sederet kampung kreatif dengan kekhasannya masing-masing. Setiap kampung kreatif memiliki keunggulan berbeda-beda yang berdaya saing.

Berbagai kampung kreatif ini memiliki ciri khas pengembangan produk unggulan di setiap subsektor ekonomi kreatif, mulai dari subsektor kuliner, musik, seni rupa, fesyen, dan lainnya. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut sembilan kampung kreatif di Indonesia:

1. Kampung Anyaman Rotan (Bengkayang)

Kampung Anyaman Rotan terletak di Dusun Jagoi Kindau, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Sebagian besar warga di sini adalah pengrajin rotan, terutama para perempuan.

Kampung ini juga telah memiliki beberapa produk unggulan, seperti tas dan tikar. Bahkan, beberapa produk mereka juga telah diekspor ke luar negeri.

2. Kampung Batik Laweyan (Solo)

Kampung Batik Laweyan di Solo masih menjadi kampung kreatif incaran wisatawan. Sesuai namanya, Kampung Batik Laweyan adalah sebuah kampung yang mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin batik.

Saat berlibur ke sini, wisatawan bisa mempelajari sejarah batik, belajar membatik dengan ahlinya, hingga berwisata kuliner mencicipi berbagai hidangan tradisional di kawasan cagar budaya tersebut. 

3. Kampung Gerabah (Lombok)

Kampung Gerabah di Lombok menjadi salah satu destinasi yang banyak dicari wisatawan untuk berburu oleh-oleh dari gerabah. Kampung Gerabah berada di Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Desa Banyumulek memang termasuk kampung kreatif penghasil gerabah terbesar di Lombok. Hampir 80 persen warganya adalah pengrajin gerabah yang diwariskan secara turun-temurun. Wisatawan bisa menemukan berbagai macam produk kerajinan gerabah, seperti asbak kendi, kuali, dan berbagai hiasan.

4. Kampung Gitar (Sukoharjo)

Kampung Gitar berlokasi di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kampung Gitar Baki Sukoharjo adalah sebuah desa dengan ratusan kepala keluarga yang berprofesi sebagai pengrajin gitar.

Mereka membuat gitar klasik, gitar akustik model tanduk, ukulele, mandolin, hingga rebab. Menariknya, gitar-gitar buatan pengrajin di kampung ini sudah banyak diekspor ke berbagai negara, seperti Singapura, Filipina, Malaysia, Jerman, Italia, dan berbagai negara Eropa lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampung Inggris (Kediri)

5. Kampung Inggris (Kediri)

Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini sedikit berbeda dengan kampung kreatif lainnya. Kampung Inggris menjadi tempat lahirnya bibit unggul dan berdaya saing dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Seluruh peserta yang mendaftar di kampung ini dibiasakan berkomunikasi dengan bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris mereka.

6. Kampung Pempek (Palembang)

Pempek dan Palembang memang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Tak heran, jika di kampung ini terdapat Kampung Pempek.

Kampung Pempek berada di Pasar 26 Ilir. Diperkirakan, ada lebih dari 15 toko pempek khas Palembang di kampung ini yang menawarkan rasa autentik.

7. Kampung Pengasapan Ikan (Semarang)

Kampung Pengasapan Ikan terletak di Kampung Mangut Bandarharjo, Semarang Utara. Kampung ini memiliki sekitar 25 rumah pengasapan.

Berbagai jenis ikan diproses di sini, mulai dari ikan tongkol, patin, pari, hingga manyung. Nantinya, hasil produksi tersebut akan dikirim ke rumah makan maupun pusat oleh-oleh untuk diolah kembali.

 

3 dari 3 halaman

Kampung Pengrajin Keris (Madura)

8. Kampung Pengrajin Keris (Madura)

Madura memiliki desa kreatif pengrajin keris di Desa Aeng Tong-Tong. Desa ini berlokasi di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura.

Desa ini menjadi satu-satunya desa di Indonesia yang hampir seluruh warganya berprofesi sebagai pembuat keris (empu). Pada 2014, kampung kreatif ini dinobatkan sebagai satu-satunya desa wisata dengan empu terbanyak di dunia oleh UNESCO.

9. Kampung YouTuber (Bondowoso)

Indonesia ternyata memiliki Kampung YouTuber yang berlokasi di Desa Tapen, Bondowoso, Jawa Timur. Puluhan pemuda di kampung kreatif ini berprofesi sebagai YouTuber dan telah sukses secara finansial. 

Kesuksesan mereka akhirnya menarik perhatian banyak orang yang ingin belajar menjadi YouTuber profesional. Akhirnya, banyak wisatawan yang datang di sini untuk menjadi YouTuber. Beberapa wisatawan yang hadir berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda, Gorontalo, dan kota besar lainnya.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.