Sukses

Kerap Dituding Kegiatan Kontra Produktif, Simak 5 Manfaat Tidur Siang

Berbagai manfaat tidur siang sudah terbukti penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Liputan6.com, Bandung - Banyak anggapan oleh masyarakat bahwa tidur siang merupakan kegiatan yang menghambat aktivitas yang produktif, terutama bagi para pekerja.

Tidur siang kerap dituding sebagai kegiatan kontra produktif di zaman yang kini mendewakan kecepatan dan ketepatan.

Padahal, berbagai manfaat tidur siang sudah terbukti penting untuk kesehatan fisik dan mental. Perlu diketahui, tidur siang tidak hanya bagus untuk bayi, tetapi juga orang dewasa karena berbagai manfaat di baliknya.

Untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, waktu tidur siang harus diatur dengan tepat. Menurut keterangan dr Pitoyo Marbun dari laman Good Doctor mencuplik Medical News Today, tidur siang dapat berfungsi sebagai tombol reset bagi sebagian orang.

"Karena memungkinkan beberapa orang untuk bangun dengan perasaan segar," terang Pitoyo dicuplik Senin, 5 Januari 2024.

Pitoyo menyebutkan manfaat tidur siang bisa didapatkan jika seseorang minimal tidur selama 20 menit. Namun, perlu diingat jika waktu sebenarnya yang dibutuhkan seseorang untuk tidur siang mungkin berbeda-beda tergantung usia.

Orang yang tidur siang diketahui bisa meningkatkan kewaspadaan, kinerja kerja, dan kemampuan belajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

5 Manfaat TIdur Siang

Berikut 5 manfaat tidur siang lainnya yang bisa Anda peroleh:

1. Bagus untuk kesehatan jantung

Tidur siang yang cukup bagi orang dewasa bisa membantu kesehatan jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit dapat mengalami penurunan tekanan darah setelah mengalami tekanan mental.

Jadi, dapat dikatakan bahwa tidur siang dapat membantu tubuh Anda untuk pulih dengan cepat dari situasi yang penuh tekanan. Pastikan jangan berlebihan karena kemungkinan malah memperburuk keadaan.

2. Mampu meringankan stres

Jika Anda berada di bawah banyak tekanan, tidur siang dapat membantu melepaskan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. Para ahli menyatakan bahwa orang dewasa yang tidur siang selama 30 menit bisa meringankan stres.

3. Bisa memperbaiki mood

Ketika And merasa sedih, cobalah untuk tidur siang karena bisa membantu menaikkan mood. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur dapat mencerahkan pandangan.

Para ahli mengatakan jika relaksasi yang berasal dari berbaring atau istirahat merupakan cara tepat untuk mendorong suasana hati. Karena itu, usahakan untuk tidur siang meski hanya beberapa saat saja.

4. Meningkatkan daya ingat

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang memiliki peran yang cukup penting dalam menyimpan ingatan. Manfaat tidur siang bagi orang dewasa adalah dapat membantu mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari hingga malam.

Tak hanya itu, tidur siang juga berfungsi agar kamu tidak melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal. Pastikan untuk mendapatkan cukup waktu istirahat, terutama di siang hari untuk meningkatkan daya ingat.

5. Otak menjadi lebih kreatif

Tidur REM (Rapid Eye Movement) yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah tertidur dapat mengaktifkan bagian otak terkait dengan perumpamaan dan mimpi.

Untuk itu, manfaat tidur siang dapat membantu Anda dalam menggabungkan ide dengan cara baru agar mendapatkan jawaban yang lebih kreatif.

 

3 dari 5 halaman

Cara mengatur waktu untuk tidur siang

Para ahli cenderung setuju bahwa antara 20 hingga 30 menit sudah cukup untuk menuai manfaat tanpa membuat kamu merasa pusing saat bangun.

Pastikan untuk tidak lupa menyetel alarm agar tidak melampaui batas waktu yang telah ditentukan.

Ada 3 tips untuk mendapatkan tidur siang yang nyaman yakni:

- Ciptakan zona tidur siang yang sempurna

Kamar yang gelap, sejuk, dan tenang sangat ideal digunakan sebagai zona untuk tidur siang. Jika kamu tidak dapat mengontrol cahaya, suhu, atau kebisingan, maka disarankan untuk memakai masker tidur dan mematikan telepon beberapa menit agar waktu tidur tidak terganggu.

- Atur waktu dengan baik

Waktu paling tepat untuk tidur siang adalah antara jam 1 siang hingga 3 sore. Pada jam ini, suhu tubuh akan turun dan terjadi peningkatan kadar hormon melatonin.

Kombinasi ini akan membuat tubuh merasa mengantuk sehingga mendorong kamu untuk segera tidur siang.

- Jadikan tidur siang sebagai rutinitas

Jika Anda bekerja sebagai seorang pekerja shift, maka jadikan tidur siang sebagai salah satu rutinitas. Manfaatkan waktu henti untuk bekerja untuk tidur siang secara maksimal agar tubuh menjadi lebih bugar dan bersemangat saat bangun.

 

4 dari 5 halaman

Meningkatkan kemampuan kognitif

Sedangkan menurut dr. Debby Deriyanthi, penelitian terbaru di Tiongkok yang diterbitkan dalam General Psychiatry menemukan hubungan antara tidur siang dengan fungsi kognitif yang lebih kuat pada lansia.

Para peneliti menyebut para lansia yang tidur siang memiliki nilai tes kognitif yang lebih besar daripada mereka yang tidak melakukan aktivitas ini.

"Aspek kognitif yang dinilai adalah ingatan, orientasi dan kemampuan berbahasa para lansia," terang Debby di laman Good Doctor.

Sebelumnya, kajian pada 2011 pun menyebutkan hal yang sama. Dalam penelitian ini dilibatkan 22 pria dan wanita dewasa berusia 50-83 tahun.

Para partisipan diminta untuk melakukan tidur siang singkat (45 menit) dan tidur siang panjang (2 jam) selama satu bulan.

Dari kajian ini para peneliti berkesimpulan tidur siang dapat meningkatkan kemampuan kognitif para partisipan. Pasalnya, mereka diberikan 4 tes kognitif yang hasilnya menunjukkan kemajuan signifikan.

Kemampuan kognitif pada lansia cenderung menurun. Tidak heran, sebagaimana disebut situs kesehatan MedicalNewsToday, 5-7 persen kaum lansia kerap didiagnosis menderita demensia.

Karena tidak ada obat untuk demensia, maka perubahan gaya hidup menjadi satu hal yang bisa menurunkan perkembangan penyakit ini lebih lanjut.

Demensia sendiri sudah banyak diketahui berkaitan dengan rusaknya pola tidur. Karena itu, manfaat tidur siang terhadap orang dewasa dan lansia menjadi satu hal yang menarik untuk dikaji lebih lanjut.

 

5 dari 5 halaman

Mengenal bahaya tidur siang

Meski telah disebutkan banyak manfaatnya, ternyata tidur siang berlebihan atau dengan durasi lama akan sangat membahyakan kesehatan seseorang.

Penelitian di Tiongkok ini pun menyebut kalau tidur siang yang terlalu lama dan sering ternyata memberikan dampak yang tidak sehat.

"Fungsi kognitif justru menurun jika tidur siang terlalu lama," jelas Debby.

Karena itu, yang paling baik adalah tidur siang kurang dari 30 menit dan dilakukan 4 kali seminggu.

Pola tidur siang ini disebut dapat menurunkan kemungkinan timbulnya penyakit Alzheimer hingga 84 persen. Tidak ada ketentuan khusus dalam hal durasi tidur siang.

Charlene Gamaldo, M D dari John Hopkins Sleep Disorder Center menyebut tidur siang yang ideal harus berkisar antara 20 menit hingga 40 menit.

Menurutnya, tidur siang terlalu lama bisa menghasilkan masalah berupa pusing-pusing yang bersifat sementara.

"Karena mereka tidur lama, bisa saja pada saat itu mereka bangun dari kondisi tidur lelap dan akhirnya menyebabkan sakit kepala," kata Gamaldo.

Selain itu, tidur siang yang terlalu lama pun bisa menyebabkan kamu sulit tidur saat malam hari. Hal ini dia temukan dari beberapa pasien yang dia tangani, mereka mengaku pada Gamaldo kalau mengalami insomnia karena tidur terlalu lama.

"Kamu mungkin harus membatasi tidur siang jika ternyata kamu memiliki masalah insomnia atau kamu membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk tertidur di malam hari ketika sudah di tempat tidur," ucap Gamaldo.

Tidur merupakan hal penting yang dibutuhkan tubuh dan berdampak pada kesehatan. Karena itu, Anda harus menemukan keseimbangan antara tidur malam dan juga tidur siang supaya kesehatan Anda bukan justru terganggu oleh aktivitas ini.

Ikuti 4 ikuti tips berikut ini untuk meningkatkan kualitas tidur:

1. Hindari tidur berlebihan

2. Tidur di waktu yang sama setiap malamnya

3. Habiskan waktu di luar ruangan dan biarkan diri aktif sepanjang hari

4. Kurangi stres dengan berolahraga, terapi atau kegiatan lainnya.

Selanjutnya selalu usahakan tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas. Mengikuti kegiatan yang sehat itu penting, namun alangkah lebih baiknya jika diikuti dengan aturan dan kemampuan yang memadai. Salam sehat! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini