Sukses

Icip-icip Olahan Pizza Unik dengan Topping Mie Ayam

Mencicipi pizza dengan topping yang terbuat dari bumbu mie ayam, bagaimana rasanya?

Liputan6.com, Denpasar - Pizza adalah makanan gurih yang diolah dengan cara dipanggang berasal dari negara Italia berbentuk bulat terbuat dari bahan tepung terigu dengan aneka macam topping. Pizza adalah adonan bulat yang dilumuri saus tomat dan ditambahkan topping seperti sosis, bakso, jamur, potongan daging sapi/ayam, dan ditutupi dengan parutan keju mozzarella serta origano.

Namun, kudapan pizza ini rupanya banyak memberikan kreatifitas setelah masuk Indonesia salah satunya dengan adanya olahan pizza yang menggunakan bumbu topping mie ayam. Lalu bagaimana rasanya pizza mie ayam?

Mami (50) adalah ibu rumah tangga yang berasal dari Bale Endah, Bandung Selatan membocorkan resep pizza dengan topping mie ayam tersebut. Berawal saat dirinya dulu memiliki kafe di Bali dengan salah satu menu andalannya adalah pizza dan mie ayam bakso. Ide itu ia dapatkan dari sang ibu saat melihat menu-menu di kafe miliknya menu tersebut di antaranya, aneka kopi, pizza, bakso, mie ayam dan lainnya.

Ia bercerita kala itu ia mendapatkan orderan pizza, namun bahan baku topping pizza rupanya habis dan dirinya harus rela membatalkan orderan tersebut. Tapi pelanggan yang sudah datang itu sudah sangat ingin menikmati pizza hangat dari kafe miliknya, ia menyebut tak jadi masalah jika tak menggunakan topping.

Melihat hal tersebut, sang ibu lantas memberi Mami ide untuk memberikan topping bumbu mie ayam dan ide itu yang langsung dijawab oleh pelanggan itu dengan ucapan setuju.

"Awalnya dulu pas masih punya kafe di Tabanan, Bali, ada pelanggan sangat ingin makan pizza seperti ngidam. Tetapi, karena sudah malam, jadi topping-topping sudah banyak yang habis. Lalu ibu saya menyarankan pakai topping mie ayam saja," kata Mami kepada kepada Liputan6.com, Senin 922/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Dadakan

Menurutnya setelah proses mengolah pizza sektar 30 menit itu, jadilah pizza mie ayam kreasi buatannya tersebut. Hal yang membuat Ida merasa heran pelanggannya itu sangat suka pizza unik tersebut. Terbukti keesokan harinya pelanggan itu datang lagi ke kafenya dan memesan pizza mie ayam lagi, sejak saat itu pula menu di kafe miliknya itu bertambah menu yakni pizza mie ayam.

"Cara menabur toping bumbu mie ayamnya disaring dulu biar air bumbunya tidak membuat becek pizzanya. Setelah itu ratakan di atas pizza dan taburi keju mozzarella, panggang 30 menit dan angkat. Rasanya unik ada manis, asin dan tawar dari roti pizzanya," ujar Ida.

Sayangnya kafe miliknya tersebut harus tutup pada saat pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, tetapi Mami mau memberikan resep ini kepada siapapun yang ingin mencobanya dari rumah. Berikut cara membuat pizza mie ayam lezat ala kafe dari rumah, yang harus disiapkan adalah bahan-bahan untuk membuat bumbu mie ayam baca di link tautan berikut ini. 

Sementara untuk membuat roti pizza nya bisa dengan membeli yang sudah dalam keadaan beku tinggal mendinginkan dan memanggangnya. Tapi, jika ingin membuatnya sendiri bahan yang harus disiapkan adalah:

- 200 gram tepung protein tinggi atau sedang boleh digunakan

- 3/4 sendok teh ragi/fermipan

- 125 ml air hangat kuku

- 1/2 makan gula pasir 

- 2 sendok makan olive oil

- 1/2 sendok teh garam atau sesuai selera

- 1 sendok makan susu bubuk (optional)

 

3 dari 3 halaman

Cara Mudah

Cara membuat roti pizza pertama pastikan ragi atau fermipan dalam keadaan aktif, larutkan ragi ke dalam 125 ml air hangat yang sudah dicampur dengan gula, tunggu hingga berbuih.

Selanjutnya, campur tepung terigu, susu bubuk, garam dan tuangkan ragi aduk hingga tercampur tambahkan olive oil sampai adonandapat diuleni dan kalis atau tidak lengket di tangan.

Diamkan adonan di dalam wadah dan tutupi dengan serbet bersih hingga adonan mengembang selama kurang lebih 30 menit. Lalu panaskan oven suhu 170-200 dan siapkan loyang olesi dengan margarin atau minyak khusus untuk makanan agar tidak lengket di loyang. 

Loyang yang dipakai ukuran bulat ukuran 28 cm, adonan roti pizza yang sudah dipipihkan masukan ke dalam loyang, ratakan lalu tusuk-tusuk adonan menggunakan garpu. Langkah selanjutnya adalah mengolesi atas roti pizza itu dengan saus tomat, masukkan bumbu mie ayam yang sudah ditiriskan lalu taburi parutan keju mozzarella (tergantung selera mau diparut atau di potong kejunya), terakhir taburkan origano dan panggang selama 30 menit dengan api atas bawah.

Potong pizza mie ayam ala kafe menggunakan pisau dan pizza unik itu siap dinikmati bersama keluarga saat cuaca penghujan ini, selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.