Sukses

Banjir di Riau Meluas Rendam 7 Kabupaten, Kuansing Dilanda Longsor

Intensitas hujan tinggi membuat 7 kabupaten dan kota di Provinsi Riau dilanda bencana banjir dan longsor.

Liputan6.com, Pekanbaru - Intensitas hujan tinggi membuat 7 kabupaten dan kota di Provinsi Riau dilanda bencana banjir dan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau sudah berkoordinasi dengan BPBD setempat menyalurkan bantuan serta mengevakuasi korban.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal menjelaskan, daerah terdampak bencana hidrometeorologi itu adalah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kampar dan Rokan Hilir.

"Kuansing terjadi longsor di Dusun Koto Inuman," kata Edy, Jum'at siang, 29 Desember 2023.

Longsor di Kuansing ini membuat jembatan rusak dan jalan akses masyarakat sempat putus. Pihak terkait sudah mengerahkan alat berat membersihkan material longsor.

"Saat ini sebagian jalan sudah bisa dilalui setelah ekskavator turun, tidak ada korban jiwa," jelas Edy.

Sementara di Kota Dumai, lanjut Edy, banjir merendam sejumlah kelurahan di Kecamatan Dumai Selatan. Ribuan rumah terendam dan berdampak kepada ribuan warga.

"BPBD bersama TNI dan Polri serta pihak terkait lainnya tengah melakukan evakuasi terhadap korban banjir," ujar Edy.

Edy menjelaskan, banjir di Rokan Hulu hingga kini masih merendam sejumlah desa dan kelurahan. Banjir disebabkan oleh meluapkan Sungai Mentawai dan Rokan atau Batang Lubuh.

Tidak hanya merendam ribuan rumah serta berdampak kepada ribuan warga, banjir juga merendam fasilitas umum, sekolah dan fasilitas ibadah. BPBD Riau sudah menyalurkan bantuan logistik untuk disalurkan kepada warga.

"Bantuan sudah mulai disalurkan, tenda darurat serta dapur umum," jelas Edy.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meluas ke Pelalawan

Banjir juga meluas ke Kabupaten Pelalawan. Luapan air terjadi karena pelepasan air di Pembangkit Listrik Tenaga Air Koto Panjang di Kabupaten Kampar.

"Hal ini membuat Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan meluap hingga merendam rumah warga," ucap Edy.

BPBD bersama TNI serta Polri dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah sudah mengecek situasi banjir. Sejumlah pejabat turun sembari menyalurkan bantuan kepada warga terdampak.

"Kabupaten lainnya terdampak banjir adalah Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu dan Rokan Hilir," jelasnya.

Banjir diperkirakan masih terjadi di sejumlah kabupaten dan kota di Riau karena intensitas hujan tinggi hingga awal tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini