Sukses

Pulau Dea Dea Polewali Mandar, Destinasi Wisata Unik di Sulawesi Barat

Hadirnya ratusan kucing yang berkembang biak secara alamiah telah membuat Pulau Dea-dea semakin dikenal sebagai Pulau Kucing

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat memiliki salah satu destinasi wisata yang banyak dihuni oleh kucing. Pulau Dea Dea Polewali Mandar disebut sebagai surga nya kucing.

Dirangkum dari berbagai sumber, di Pulau Dea Dea Polewali Mandar tersebut hanya dihuni oleh kucing menggemaskan. Pulau tersebut dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi wisata Polewali Mandar.

Akses untuk mengunjungi pulau kucing butuh waktu sekitar 15 menit dari dermaga penyeberangan di Desa Tonyamang, Poliweli Mandar. Dari dermaga tersebut, nantinya kita akan diantar dengan menggunakan perahu penyeberangan antar pulau yang sering disebut dengan Taxi Air.

Hadirnya ratusan kucing yang berkembang biak secara alamiah telah membuat Pulau Dea-dea semakin dikenal sebagai Pulau Kucing. Konon, awalnya pulau ini hanya dihuni oleh beberapa ekor kucing yang ditinggalkan oleh warga.

Dalam waktu singkat, jumlah kucing di pulau ini terus bertambah. Karena itu, warga yang datang ke tempat ini dapat menyaksikan berbagai kucing yang cantik dan sehat berkeliaran di pulau ini.

Namun sayangnya, kucing-kucing ini tidak bisa dijamah oleh manusia. Para wisatawan hanya dapat menikmati keindahan kucing-kucing ini dari jarak yang jauh.

Meskipun pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan, termasuk turis asing, pemerintah setempat hingga saat ini belum mengoptimalkan lokasi wisata ini sepenuhnya untuk menarik minat wisatawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Habitat Laut

Dinas Pariwisata Polewali Mandar hingga kini belum membangun fasilitas seperti gazebo, penginapan, atau vila yang dapat mendorong para wisatawan untuk tinggal lebih lama di lokasi ini.

Tak hanya menawarkan sensasi bertemu dengan ratusan kucing, disana pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih hijau, dimana pulau ini dipenuhi dengan pepohonan yang rindang.

Ditambah lagi dengan pemandangan pantainya yang indah membuat perjalananmu menuju Pulau Dea-Dea semakin mengesankan.

Habitat laut dan pinggir pantai seperti kerang, keong, kepiting, dan ikan kecil cukup melimpah di Pulau Dea-Dea. Hal inilah yang membuat kucing betah dan selalu mendapat makanan.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.