Sukses

Inilah Sederet Capaian Kemenkumham Babel di Tahun 2023

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto, didampingi Kepala Divisi Administrasi Muslim Alibar, Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kunrat Kasmiri, serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Fajar Sulaeman Taman, mepaparkan capaian kinerja tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto, didampingi Kepala Divisi Administrasi Muslim Alibar, Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kunrat Kasmiri, serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Fajar Sulaeman Taman, mepaparkan capaian kinerja tahun 2023.

Paparan tersebut disampaikan pada Rapat Koordinasi Pengendalian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023 serta Penyusunan Target Kinerja 2024 Kemenkumham di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (13/12).

Bertindak sebagai evaluator yaitu, Plh. Sekretaris Jenderal Kemenkumham, yang juga Direktur Jenderal Pemasyarakatan Irjen Pol Dr Reynhard Silitonga, Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Prof. Asep Nana Mulyana, Kepala Badan Strategi Kebijakan Kemenkumham Dr Y. Ambeg Paramarta, serta Inspektur Wilayah 4 Inspektorat Jenderal Kemenkumham Bambang Setyabudi.

Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Harun Sulianto menyampaikan capaian tahun 2023, yaitu, memperoleh penghargaan terkait Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel.

Penghargaan juga diterima dari Badan Strategi Kebijakan Kemenkumham atas Terbaik Pertama Penyusunan Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Selain itu juga menerima penghargaan terkait peningkatan pendaftaran dan kerja sama dengan Aparat Penegak hukum terkait kekayaan intelektual.

Capaian lainnnya adalah Kemenkumham Babel masuk 5 Kantor Wilayah terbaik yang berhasil mendorong sebagian besar/ seluruh Kabupaten/ Kota Peduli HAM (KKPHAM). Penghargaan diserahkan oleh Menkumham kepada Kakanwil Harun Sulianto, pada peringatan hari HAM sedunia di Jakarta, Minggu lalu (10/12).

Selain itu, Kemenkumham Babel juga meraih peringkat pertama dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022. Selanjutnya penghargaan terbaik kedua dalam kategori Pelaporan Harta Kekayaan ASN Tercepat Persentase Pengunggahan dan Terverifikasi Lengkap dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham

Penghargaan dari Menkumham juga diterima oleh Kantor Imigrasi Pangkalpinang di bidang Pelayanan Publik Berbasis HAM.

“Penghargaan dari Menkumham juga akan diterima Kepala Lapas dan kepala kantor imigrasi Tanjungpandan terkait pelayanan publik dan Bupati Belitung Timur menyangkut Indeks Reformasi Hukum," kata Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Kemenkumham Babel 2023

Untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan, sebanyak 6 dari 7 Unit Lapas/ Rutan/ LPKA telah memiliki Klinik Pratama. Seluruh dapur Lapas/ Rutan di Babel juga sudah memiliki sertifikasi laik higienis.

Sementara itu, pada Divisi Keimigrasian, jajaran Kantor Imigrasi berhasil mengumpulkan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar Rp 10,6 Milyar, meningkat 22% dari tahun sebelumnya.

Penerbitan paspor juga meningkat sebanyak 19,59% dari tahun 2022, karena adanya layanan jemput bola sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pada Capaian Rincian Output Prioritas Nasional yaitu Program Penegakan dan Pelayanan Hukum, Kemenkumham Babel telah memberikan 229 bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu bekerja sama dengan Organisasi Bantuan Hukum yang terkareditasi.

“Capaian realisasi anggaran bantuan hukum yaitu 99,82%. Hasil tersebut meningkat dari tahun 2022 yang hanya 99,26%,” sebut Harun.

Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Prof Asep Nana Mulyana, selaku Evaluator mengapresiasi adanya peningkatan jumlah produk hukum daerah yang dilakukan harmonisasi oleh Kanwil Kemenkumham Babel.

Evaluator Kepala BSK Dr Ambeg Paramarta juga mengapresiasi capaian terkait Survey IPK dan IKM serta Indeks Reformasi Hukum.

Sedangka Plh. Sekjen/ Dirjen Pemasyarakatan Dr Reynhard Silitonga, meminta jajaran Kemenkumham Babel terus bersinergi dengan semua pemangku kepentingan dan tingkatkan kinerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.