Sukses

Diduga Tidak Netral, Perangkat Kelurahan di Bandar Lampung Pasang Baliho Caleg Nasdem

Video pemasangan baliho salah satu caleg Partai Nasdem yang dilakukan RT tersebut viral di media sosial. Bawaslu akan menelusuri terkait video viral tersebut.

Liputan6.com, Lampung - Video sejumlah Rukun Tetangga (RT) di Bandar Lampung diduga tidak netral dengan memasangan baliho salah satu caleg dari Partai NasDem viral di media sosial. 

Berdasarkan video yang diterima, tampak sejumlah orang yang diduga sebagai RT serta Linmas sedang merangkai kayu yang digunakan untuk memasang baliho caleg DPR RI dari Provinsi Lampung bernama Rahmawati Herdiana.

Baliho caleg tersebut juga tertulis bahwa Rahmawati Herdiana merupakan anak kandung Herman HN yang merupakan Ketua Partai NasDem Lampung. Belum diketahui kapan pengambilan video ini dilakukan.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Apriliwanda mengatakan bahwa akan menelusuri terkait video tersebut. 

"Iya, kami sudah mendapatkan informasi tersebut. Kami akan melakukan penelusuran terlebih dahulu terkait hal tersebut," kata Apriliwanda, Rabu (13/12/2023).

Apriliwanda menjelaskan, jika dari penelusuran nanti ditemukan adanya pelanggaran, maka akan dilakukan pemanggilan terhadap sejumlah orang yang terekam dalam video, termasuk calegnya.

"Kita lakukan penelusuran terlebih dahulu untuk mengetahui kebenarannya, karena ini baru informasi yang kami terima. Namun jika nanti terbukti adanya pelanggaran maka siapa yang berada di dalam video serta calegnya akan dipanggil," tambah dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini