Sukses

Jadi Desa Terbaik di Dunia, Kunjungan Wisatawan ke Desa Penglipuran Capai 70.000-an Orang per Bulan

Pada 7 sampai 9 Desember lalu, desa ini sukses menyelenggarakan Penglipuran Village Festival X dengan mengusung tema Bamboo Paradise.

Liputan6.com, Bali - Lebih dari 70.000 wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran setiap bulan sepanjang 2023. Animo pengunjung yang tinggi ini sesuai dengan gelar Desa Terbaik di Dunia yang dianugerahkan oleh The United Nation World Tourism Organization (UNWTO) pada Oktober 2023.

Pada 7 sampai 9 Desember lalu, desa ini sukses menyelenggarakan Penglipuran Village Festival X dengan mengusung tema Bamboo Paradise.

“Kami memberi apresiasi kepada Pelindo yang telah membantu dan bersinergi sehingga Desa Wisata Penglipuran meraih penghargaan dari UNWTO," ujar Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

Menurut Komisaris Pelindo Muchtar Lutfi, Desa Penglipuran telah menjadi objek Program TJSL Pelindo sejak 2017 yang lalu, dimulai dengan program bantuan sarana dan prasarana penunjang seperti penyediaan MCK, angkul-angkul, balai patok dan motor pengangkut sampah.

“Kehadiran Pelindo di Desa Penglipuran merupakan wujud pelaksanaan amanat dari Pemerintah berupa program Tanggung Jawab dan Sosial (TJSL) yang bertujuan untuk memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang dampaknya terarah dan terukur serta akuntabel," ujar Luthfi, Rabu (13/12/2023) dalam keterangannya.

Pelindo juga memiliki sumbangsih dalam tema Bamboo Paradise yang diangkat pada festival dengan menghadirkan program revitalisasi Hutan Bambu Penglipuran sebagai objek wisata baru pada 2022 yang programnya tepat dimulai saat Penglipuran Village Festival ke IX tahun lalu sekaligus awal peresmian Penglipuran sebagai desa binaan.

“Kehadiran Pelindo sejak 2017 selalu memberikan warna baru di Desa Penglipuran ini. Seperti yang kita lihat, Hutan Bambu ini merupakan bantuan revitalisasi dari Pelindo. Tempat ini menjadi daya Tarik baru untuk para wisatawan yang berkunjung. Untuk itu, Penglipuran Village Festival X tahun ini kami mengangkat tema Bamboo Paradise sebagai bentuk apresiasi juga untuk Pelindo” kata GM Desa Penglipuran, Wayan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono menyebutkan jumlah kunjungan wisata di Desa Penglipuran  pada 2016 sekitar 100.000 orang.

Selanjutnya Pelindo hadir di Desa Penglipuran pada 2017 bersinergi dengan pemerintah setempat untuk mendukung kemajuan desa.

“Alhamdulillah dengan kolaborasi dan dukungan para pihak, tahun 2023 ini, jumlah wisatawan telah mencapai 800 ribu orang," kata Arif Suhartono.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Penglipuran Bali memberikan kesan yang positif serta dengan yakin akan merekomendasikan rekannya untuk berkunjung ke Penglipuran.

“Tempat ini sungguh spektakuler dan menawan. Bagi saya, yang paling berkesan adalah para warga dengan sangat ramah mengundang saya mengunjungi rumah mereka, mereka membuat saya merasa sebagai bagian dari keluarga mereka” ujar Daniel Cortez, turis dari Mexico.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini