Sukses

ASN Kalsel Bantu Palestina dengan Donasi Lebih dari 800 Juta Rupiah

Beberapa waktu usai Apel Gabungan Bulanan dapat terkumpul donasi dengan total ratusan juta, menghampiri Rp1 miliar

Liputan6.com, Banjarbaru - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak ketinggalan untuk membantu saudara-saudara di Palestina, hanya beberapa waktu usai Apel Gabungan Bulanan dapat terkumpul donasi dengan total ratusan juta, menghampiri Rp1 miliar.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor selaku pembina apel dalam membacakan sambutan berbeda dengan apel bulanan sebelumnya, ia tampak lebih semangat yang menggelora dan menarik simpati kepada seluruh peserta apel di lapangan kantor gubernur di Banjarbaru, Senin (4/12).

Bukan hanya sebagai apel bulanan yang terakhir di tahun 2023 ini, namun juga karena dirangkaikan dengan penggalangan dana untuk memberikan bantuan kepada rakyat Palestina yang tengah dilanda perang dan krisis kemanusiaan, berbeda dengan Indonesia yang saat ini telah merdeka 78 tahun.

"Coba kita lihat di belahan negeri lain, seperti Ethopia, Somalia, Palestina (Gaza), berapa anak yang tak sanggup lagi mengigau tapi meraung, kita lihat mereka meminum, bukan saudara-saudara tetapi menjilat secangkir susu yang sudah bercampur dengan debu sementara matanya yang bundar itu menatap kepada kita, dan seolah-olah bertanya adakah kalian tahu arti manusia," sebutnya dengan lantang.

"Apakah kemanusiaan itu merupakan sesuatu yang percuma mana kala yang kita hadapkan kepada perang, kerakusan kita pada harta dan keterkucilan kita pada diri sendiri, inilah suasana di era global kejahatan yang luar biasa menindas anak bumi hari ini dan disaksikan oleh seluruh mata di seluruh penjuru dunia, derita sebuah penjajahan," lanjut Sahbirin dengan deklamasi yang menggugah.

Ia juga mengajak kepada seluruh ASN pada apel bulanan sebagai anak bangsa Indonesia, sebagai rakyat Kalsel untuk dapat merasakan sebagaimana penjajahan yang pernah dialami oleh bangsa ini dan begitu memberikan derita dan rasa sakit.

"Hari ini derita itu dirasakan lagi oleh orang-orang, saudara-saudara kita di Palestina, kita lihat anak-anak mereka, 'boom...' mayat bergelimpangan," tambah Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin itu mengetuk hati peserta apel.

Di penghujung pelaksanaan apel bulanan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengarahkan kepada petugas dari Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) dan Satuan Pol PP Kalsel untuk menghampiri seluruh ASN dengan membawa bakul untuk mengumpulkan pundi-pundi, sumbangan dari sukarela untuk membantu rakyat Palestina.

Barisan pimpinan pratama atau eselon II pun tidak ketinggalan sehingga turut memberikan bantuan.

"Alhamdulillah, barusan tadi kita terima bonus dari kompetisi yang memberikan penyegaran dan sepenuhnya kita dengan ikhlas tidak memotong tapi langsung kita sumbangkan untuk saudara kita di Palestina," ujar Rospana Sofian, Kepala Biro Umum Kalsel.

Beberapa menit usai penggalangan dana, apel gabungan berakhir, adapun sumbangan yang diterima pada Senin pagi itu selanjutnya dihitung dan terkumpul dalam bentuk uang tunai sebesar Rp821.224.000.

Bantuan dari masyarakat Kalsel ini selanjutnya akan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kepada Badan Amil Zakat (Baznas) Pusat, beliau berangkat ke Jakarta pada pukul 10.00 Wita, usai apel. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.