Sukses

Profil Mamadou Doumbia, Bintang Timnas Mali U-17 yang Bersinar di Piala Dunia U-17 2023

Liputan6.com, Yogyakarta - Mamadou Doumbia, striker Timnas Mali U-17 yang bersinar selama gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Ia sukses membuat catatan apik selama ajang akbar kelompok umur tersebut.

Sejak babak kualifikasi sampai perebutan peringkat 3, Mamadou Doumbia sudah mengemas 5 gol. Catatan ini menyamai top skor Mali U-17 lainnya Ibrahim Diarra.

Tak hanya itu, Mamadou Doumbia adalah pemain yang pertama kali mencatatkan hattrick di Piala Dunia U-17 2023. Rekor itu dia catatkan saat melawan Uzbekistan pada fase grup, dengan hasil akhir 3-0.

Andai ia tak mendapat kartu merah saat melawan Spanyol di fase grup, catatan golnya bisa saja bertambah lebih banyak. Hal ini membuatnya absen tiga laga dan baru tampil kembali saat melakoni semifinal melawan Prancis U-17.

Saat melawan Prancis U-17, sejatinya Mali berpeluang lolos ke partai puncak. Mereka unggul lebih dulu 1-0 lewat gol yang dicetak Ibrahim Diarra pada penghujung babak pertama.

Sayangnya petaka datang saat bek Timnas Mali U-17 Souleymane Sanogo diganjar kartu merah pada awal babak kedua. Insiden itu pun membuat mental pasukan Les Aigles menurun, hingga sang lawan mampu membalikkan keadaan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Mamadou Doumbia

Mamadou Doumbia adalah stiker kelahiran Mali pada 18 Februari 2006. Posturnya menjulang tinggi 192 sentimeter. Itu menjadi senjatanya untuk memenangi duel bola-bola atas.

Namun atribut Doumbia tentu bukan hanya itu saja. Ia juga merupakan stiker yang klinis sebab memiliki penempatan posisi yang baik saat berada di kotak penalti. Ini membuatnya acap mendapat ruang untuk mencetak gol.

Saat ini, dia membela klub lokal kasta tertinggi Liga Mali, FC Black Stars. Sehingga wajar saja jika Doumbia adalah pemain yang paling diperhitungkan di skuat Mali U-17.

Asal tahu saja, Doumbia bahkan sudah menjadi menjadi andalan Mali U-17 saat tampil di Piala Afrika U-17 2023. Sepanjang gelaran itu, Doumbia berhasil mencetak empat gol dan satu assist dari lima penampilannya.

Dari desas-desus terkini, sejumlah klub dari Eropa tengah memantau Doumbia untuk dipertimbangkan diboyong ke Benua Biru.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.