Sukses

Grammy Awards 2024, Tak Ada Lagi Nominasi Kpop

BTS yang telah memasuki nominasi Grammy Awards selama tiga tahun berturut-turut, tidak dimasukkan dalam nominasi pada tahun ini.

Liputan6.com, Bandung - Grammy Awards tidak akan memasukkan Kpop sebagai salah satu nominasi pada tahun depan.

Pada Jumat (10/11/2023), Grammy Awards secara resmi mengumumkan beberapa kandidat yang masuk nominasi ajang penghargaan tersebut.

Namun mencuplik laman Kpop Chart, tidak ada satupun lagu Kpop yang masuk nominasi di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

BTS yang telah memasuki nominasi Grammy Awards selama tiga tahun berturut-turut, tidak dimasukkan dalam nominasi pada tahun ini.

Sebelumnya BTS masuk dalam nominasi kategori Penampilan Grup Duo Pop Terbaik dengan ketujuh anggota yang mengirim lagu mereka sendiri.

Jimin dan Jungkook yang menduduki puncak Billboard Hot 100 pada tahun ini dengan lagu mereka, telah diprediksi akan masuk dalam nominasi, namun hal tersebut tidak terwujud.

Selain itu, girl group baru NewJeans yang memiliki tiga lagu di Hot 100 pada saat yang sama, dapat masuk dalam kategori Best New Artist namun mereka juga tidak masuk nominasi.

Tak hanya New Jeans, Stray Kids yang menempatkan dua album di puncak tangga lagu utama Billboard 200 pada tahun ini.

Twice yang mengadakan konser mereka di Amerika dan Fifty Fifty yang berhasil memasuki Hot 100 dengan 'Cupid' diajukan ke Grammy, namun para juri mengabaikannya.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pink, Sam Smith, dan Kpop Tak Masuk Grammy Award 2024

Setelah nominasi diumumkan, USA Today melaporkan bahwa Pink, Sam Smith, dan Kpop tidak masuk dalam Grammy Award 2024.

"Bahkan dengan 94 kategori, Grammy mengabaikan beberapa pesaing yang jelas," kata mereka.

Dalam artikel yang berjudul 'Who Else Got the Cold Shoulder' menuliskan, "Kpop mungkin salah satu genre paling sukses di dunia, namun para juri Grammy mengabaikannya."

"Selain BTS, Seventeen, TXT dan New Jeans telah mendapat berbagai pujian dan sukses secara komersial," kata mereka.

Mereka menambahkan, "Jika Grammy mengabaikan genre Kpop dalam kategori umum mereka harus menambahkan dalam kategori khusus."

Hal ini terjadi karena acara penghargaan musik populer seperti American Music Awards (AMAs), dan Billboard Music Awards (BBMAs), telah menambahkan kategori Kpop.

Tak hanya Kpop, USA Today mencatat jika Luke Combs, yang menerima pujian untuk remake 'Fast Car' dari Tracy Chapman, hanya dinominasikan untuk Penampilan Solo Country Terbaik.

Sam Smith yang menerima banyak pujian untuk album studio keempat 'Gloria' tidak dinominasikan dalam satu kategori pun.

Pink yang juga dipuji untuk album studio ke sembilannya, 'TRUSTFALL' juga tidak masuk dalam nominasi ajang tersebut.

Sebelumnya, BTS memenangkan penghargaan di BBMAs dan AMAs yang dianggap sebagai salah satu dari tiga upacara penghargaan utama di Amerika.

Tidak ada penyanyi Kpop, yang bahkan BTS, yang mampu memenangkan penghargaan bergengsi ini.

Pemenang Korea di kategori klasik Grammy Awards merupakan penyanyi Soprano Sumi Jo yang menerima album terbaik dalam kategori opera klasik.

Kali ini Kpop tidak lagi masuk dalam nominasi ajang penghargaan bergengsi Grammy Awards. Para penggemar Kpop lini tak dapat melihat idol mereka masuk menjadi kandidat di ajang penghargaan tersebut.

Upacara penghargaan Grammy Awards akan diadakan di Crypto.com Arena di Los Angeles pada tanggal 4 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Grammy Awards adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences di Amerika Serikat.
    Grammy Awards adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences di Amerika Serikat.

    Grammy Awards

  • Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.
    Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.

    BTS

  • Kpop adalah kepanjangan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

    kpop