Sukses

Garuda UNY Team Juara Kontes Mobil Hemat Energi 2023 

Kontes Mobil Hemat Energi tahun ini kembali menghasilkan juara dari Yogyakarta yaitu Garuda UNY Team. Tim dari UNY ini mengirimkan dua mobil dan semuanya meraih juara di kontes ini. Salut.

Liputan6.com, Yogykarta - Lomba uji efisiensi bahan bakar kendaraan atau Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, dari tanggal 28 Oktober hingga 3 November lalu sudah memilih pemenangnya yaitu Garuda UNY Team (GUT). Dalam Kontes Mobil Hemat Energi ini GUT mengirimkan dua mobil berbasis energi terbarukan, salah satunya menggunakan etanol dan yang lainnya menggunakan motor listrik.

Ketua tim Irvanda Sri Purwanto Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol meraih juara 1 dengan capaian 427,7 kilometer per liter.

"Pada kelas ini merupakan capaian rekor baru pada KMHE, dimana semula berkisar 270 kilometer per liter tercapai pada KMHE 2019 di Universitas Negeri Malang. Hal ini berkat keunggulan teknis, strategi dan semangat yang luar biasa,” kata Irvanda, Jumat 3 November 2023.

Ketua tim Garuda UNY Eco Team II Sultan Muhammad Yusuf di kelas Urban Concept Motor Listrik timnya berhasil menyabet Juara 2 dengan capaian 161,5 km/KWh. Kedua mobil juga berhasil masuk dalam ECO Race dan berhasil mendapatkan podium 2 ECO Race KMHE 2023 untuk mobil listrik.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Teknologi Otomotif Hemat Energi

Dosen Pendamping Tim  Sutiman mengatakan Tim GUT mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi dengan tujuan besar yaitu menjadi agen perubahan dalam mengatasi krisis energi global dan berpartisipasi dalam pengembangan teknologi otomotif hemat energi.

“Mereka ingin memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan,” katanya.

Menurutnya dengan kemenangan ini menjadi kontribusi berharga dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan hemat energi di Indonesia. Dosen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY Zainal Arifin mengatakan GUT membuktikan jika kerja keras, semangat yang tinggi, dan dedikasi untuk inovasi dapat mencapai solusi yang lebih berkelanjutan dalam kendaraan masa depan.

“Kemenangan GUT adalah inspirasi bagi semua generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan krisis energi global,” katanya.

GUT telah membuktikan bahwa juara adalah tradisi dan tentunya siap melanjutkan inovasi yang lebih kedepannya. Tim GUT berhasil mengatasi 18 tikungan menantang Kontes Mobil Hemat Energi di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), yang berbentuk mirip kuda lumping dan membentang di atas lahan seluas 35 hektar dengan panjang lintasan mencapai 2,4 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.