Sukses

Tim Garuda UNY Kirim Dua Mobil ke Kontes Mobil Hemat Energi 2023

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi National (Puspresnas) Dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). KMHE yang berfokus pada penghematan bahan bakar ini Tim Garuda UNY mengirimkan dua mobilnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tahun ini, Garuda UNY Team mengikutsertakan dua mobil dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) akan diadakan pada tanggal 28 Oktober sampai 3 November tahun ini. Dosen Pendamping Tim Garuda UNY, Sutiman mengatakan setelah melalui seleksi administrasi dan laporan desain kendaraan, Video Virtual TechnicalInspection secara daring (online) untuk memilih 60 tim finalis yang akan mengikuti lomba di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol dengan panjang lintasan 2,4 kilometer berbentuk kuda lumping.  

“Race atau perlombaannya dilakukan pada Selasa dan Rabu besok. Kami berharap mendapat yang terbaik,” katanya di Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

Dalam agenda tahunan yang diadakan oleh Puspresnas ini, Tim Garuda UNY membawa dua mobil berbasis energi terbarukan yakni Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol dengan manajer Irvanda Sri Purwanto, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik. Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik yang diketuai oleh mahasiswa prodi D4 Mesin Otomotif Fakultas Vokasi, Sultan Muhammad Yusuf.

Kedua mobil yang berkompetisi menggunakan renewable energy sebagai bentuk pengembangan teknologi bahan bakar.

Motivasi Tim Garuda UNY mengikuti KMHE adalah kesadaran mahasiswa sebagai agent of change untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan krisisenergi dunia. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong generasi muda, khususnya para mahasiswa agar dapat menciptakan teknologi otomotif yang hemat energi dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Dosen Pembimbing Tim Mobil UNY Zainal Arifin mengatakan berbekal optimisme serta semangat yang menggebu, Tim Garuda UNY berharap dapat membawa pulang hasil yang memuaskan sesuai harapan. 

“Juara harga mati, juara adalah tradisi kita,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.