Sukses

Demo Sumpah Pemuda di Makassar Ricuh, 7 Mahasiswa Ditangkap

Polisi membubarkan paksa aksi unjuk rasa tersebut saat azan magrib berkumandang.

Liputan6.com, Makassar - Tujuh mahasiswa ditangkap oleh aparat kepolisian saat menggelar demo dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda di pertigaan Jalan AP Pettarani-Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (28/10/2023). Polisi menangkap para demonstran itu saat azan magrib tiba. 

"Iya tujuh orang diamankan tadi. Dibubarkan karena sudah lewat jamnya," kata Kabagops Polrestabes Makassar, AKBP Darminto, Sabtu (28/10/2023).

Mahasiswa tersebut diketahui menggelar aksi demonstrasi sejak siang hari. Dalam aksi unjuk rasa itu, para demonstran membakar sejumlah ban bekas hingga menutup jalan. 

Saat azan magrib berkumandang, aparat kepolisian pun mengimbau para demonstran untuk membubarkan diri. Namun imbauan itu tak diindahkan oleh para pengunjuk rasa. 

"Mereka bakar lima ban bekas, kemudian tutup jalan, lalu menahan mobil untuk dipakai untuk orasi sehingga kami secara persuasif untuk membubarkan saat pukul 18.00 WITA," aku Darminto. 

Tujuh mahasiswa yang diamankan itu, kata Darminto, diduga melakukan perlawanan saat polisi membubarkan aksi demonstrasi mereka. Darminto menjelaskan bahwa para mahasiswa itu digelandang ke Polrestabes Makassar. 

"Kita bawa ke Polrestabes untuk diperiksa dan cek urinenya," imbuhnya.

Usai dibubarkan, arus lalu lintas di Jalan AP Pettarani dan Jalan Urip Sumoharjo berangsur lancar. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.