Sukses

Effendi Simbolon Kaget Pemilihan Ketua PSBI Wilayah Medan 2023-2028 Pakai Voting, Tapi Salut

Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon mengaku kaget saat mengetahui pemilihan Ketua PSBI Wilayah Medan Periode 2023-2028 memakai cara voting.

Liputan6.com, Medan Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon mengaku kaget saat mengetahui pemilihan Ketua PSBI Wilayah Medan Periode 2023-2028 memakai cara voting.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kata sambutan pada pelantikan Pengurus PSBI Wilayah Medan Periode 2023-2028 di Convention Hall Bina Media, Kampus UNIKA, Jalan Setia Budi, Kota Medan.

"Kaget juga. Tapi, terima kasih. Pesan saya, program tidak usah muluk-muluk, yang penting bermanfaat dan berjalan," ucapnya dihadapan ratusan anggota PSBI yang hadir, Jumat (20/10/2023).

Effendi Simbolon juga mengajak seluruh anggota PSBI untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan pelayanan. Tapi untuk hal negatif, tidak.

"Kita ini berbasis kekerabatan. Kita ini secara naluriah bersatu bukan karena profesi," ujarnya.

Effendi Simbolon yang juga anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, membidangi ranah pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen, menegaskan, bangsa-bangsa besar tidak pernah melupakan sejarah.

"Kita harus praktikan, terus mencari sejarah-sejarah tentang identitas kita, agar kita menjadi bangsa besar," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salut dengan PSBI Wilayah Medan

Ucapan selamat disampaikan Effendi Simbolon kepada Ketua PSBI Wilayah Medan Periode 2023-2028 yang keterpilihannya melalui voting. Walaupun sempat merasa kaget atas proses pemilihan lewat voting, dia salut dengan PSBI Wilayah Medan.

"Walaupun kita tidak berharap voting, karena bagi kami di politik, voting menyakitkan. Tapi, saya salut dengan Medan. Kalian luar biasa, lebih maju," ungkapnya.

Effendi Simbolon berpesan, untuk melayani di 34 sektor PSBI Wilayah Medan sekitarnya, maka mekanismenya harus dicarikan. Diakuinya, dirinya juga sudah mendengar visi dan misi Ketua PSBI Wilayah Medan yang baru.

"Menurut saya bagus. Intinya, percayalah, setiap kebaikan yang kau lakukan, Tuhan akan membalasnya dengan kebaikan," sebutnya.

Kepada Ketua Panitia, Togar Simbolon, secara pribadi Effendi Simbolon mengucapkan terima kasih, karena kegiatan berjalan dengan baik dan demokratis.

Effendi juga mengajak Togar Simbolon untuk menjadi pengurus di tingkat PSBI Pusat. Effendi menilai, Togar memiliki kinerja yang bagus dalam menangani setiap kegiatan organisasi.

"Saya ajak Togar Simbolon untuk menjadi pengurus PSBI Pusat," ucap Effendi ke Togar, kemudian langsung dijawab, "Iya, boleh," oleh Togar.

3 dari 4 halaman

Tantangan Besar

Ketua PSBI Wilayah Medan, Anggiat P Simbolon, menyampaikan terima kasih karena diberi kepercayaan memimpin. Dia juga mengaku bahwa hari ini bagi seluruh pengurus yang dilantik sangat berkesan, karena mendapat tantangan besar.

"Tugas ke depan, bagaimana membawa PSBI Medan semakin solid dan kompak. Kita harus saling mengasihi satu sama lain," ujarnya.

Anggiat juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh sektor, Ina PSBI, dan semua yang hadir pada Konferwil dan pelantikan. Anggiat mengaku ini adalah tantangan berat, tidak hanya dilantik, tapi tanggung jawab.

"Harus bisa bekerja. Bagi saya program harus bisa berjalan, dan saya terima kasih kepada Bapak Ketua Umum serta seluruh yang hadir. Semoga Tuhan memberikan berkat kepada kita, dan PSBI semakin maju," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Kegiatan

Sebelum Pelantikan Pengurus PSBI Wilayah Medan Periode 2023-2028, terlebih dahulu dilaksanakan Konferwil dan kebaktian oleh seluruh peserta yang hadir. Khotbah oleh Pastor Ignasius Simbolon OFM.Cap

Pelantikan Pengurus PSBI Wilayah Medan Periode 2023-2028 telah sesuai SK Nomor 0167112023 PSBI, yang dikeluarkan PSBI Pusat, ditetapkan di Jakarta, 20 Oktober 2023.

Pengurus Ina PSBI Wilayah Medan, Sumut, Periode 2023-2028, turut dilantik langsung oleh Ketua Umum Ina PSBI Pusat, istri Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon, Dra. Dessy Trinita br. Tobing.

Diketahui, ada sejumlah orang anggota PSBI maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mereka didoakan serta memohon dukungannya agar bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Tema yang diangkat pada acara ini "Konsolidasi PSBI Wilayah Medan Menuju Kemandirian" dengan sub tema "Melalui Konferwil Tahun 2023, Kita Bangun PSBI Wilayah Medan Agar Menjadi Teladan di Tengah-Tengah Masyarakat".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.