Sukses

Curhat Petugas Kebersihan di Bone Bolango, 3 Bulan Belum Terima Gaji

Puluhan petugas kebersihan di Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, mengaku belum menerima gaji sejak tiga bulan berjalan.

Liputan6.com, Gorontalo - Puluhan petugas kebersihan di Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, saat ini hanya bisa meratapi nasib. Pasalnya, sudah tiga bulan berjalan, mereka belum menerima gaji yang biasanya diterima setiap bulan.

Padahal apa yang diperintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selalu dikerjakan dengan ikhlas tanpa harus dipaksa. Setiap hari mereka menyapu menyiram tanaman di jalan menuju pusat pemerintahan Bonebol.

"Kami tidak tahu kenapa honor ini bisa terlambat dan pihak dinas pun tidak menjelaskan dengan pasti," kata salah satu petugas kebersihan yang namanya tidak mau disebutkan Kepada Liputan6.com.

Mereka mengaku, selama ini tidak pernah menentang perintah jika diminta untuk melakukan pembersihan. Bahkan, tugas mereka setiap hari dilaksanakan dengan baik.

"Meskipun tidak ada gaji, kami tetap bekerja," ujarnya.

Dengan kondisi ini, sebagian dari mereka harus berhutang demi menyambung hidup. Sebagian lagi terpaksa menghemat kebutuhan harian, agar asap dapur tetap mengepul.

Belum lagi, sebagian dari mereka harus membayar cicilan bank, listrik hingga air. Dilema untuk berhenti dari pekerjaan itu sesekali menghantui pikiran mereka, namun apa daya, saat ini susah untuk mencari pekerjaan baru.

"Berhenti dari pekerjaan ini bukan pilihan bijak. Kami tau diluar sana banyak orang belum dapat pekerjaan," ujarnya.

"Tapi, disisi lain kamu juga dilema, Bertahan sesak, keluar dari pekerjaan ini juga tidak mungkin," tuturnya.

Kami hanya berharap, pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Bonebol segera mencari solusi. Jangan sampai berlarut-larut, malah hanya menyusahkan puluhan petugas kebersihan.

"Harapan kami hanya itu, dinas terkait harus punya solusi dan alasan kongkrit. Kami juga butuh hidup dan menghidupi keluarga," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Kadis Lingkungan Hidup

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bone Bolango, Kusno ketika dikonfirmasi membenarkan keterlambatan gaji petugas kebersihan tersebut. Namun, dirinya menepis honor itu baru terlambat 2 bulan.

"Dua bulan dan hari ini sementara proses penagihan. Karena menunggu anggaran perubahan kemarin. Insya Allah senin sudah di rekening mereka," ia menandaskan.

Sekadar informasi, jika petugas kebersihan Bonebol melekat di Dinas Lingkungan Hidup. Penagihan honor dilakukan DLH itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini