Sukses

Pertunjukan Shinta Obong Wisata Baru di Candi Prambanan, Sajikan Tari dan Atraksi yang Magis

Pementasan Shinta Obong menghadirkan experience value yang berbeda bagi penonton, dengan nuansa pertunjukan yang rekreatif. Bahkan, lebih menarik dari sendratari lainnya, Shinta Obong ditampilkan secara terbuka di area Prambanan Riverfront.

Liputan6.com, Yogyakara - Seni pertunjukan berjudul Shinta Obong menjadi wahana wisata budaya baru di kawasan Candi Prambanan. Seni pertunjukan yang dibalut atraksi ini melengkapi pertunjukan Sendratari Ramayana Ballet Prambanan dan Drama Tari Roro Jonggrang.

Pementasan Shinta Obong menghadirkan experience value yang berbeda bagi penonton, dengan nuansa pertunjukan yang rekreatif. Bahkan lebih menarik dari sendratari lainnya, Shinta Obong ditampilkan secara terbuka di area Prambanan Riverfront.

Shinta Obong merupakan pertunjukan yang diangkat dari salah satu bagian cerita dari epos Ramayana. Seni pertunjukan ini berkisah tentang tokoh Dewi Shinta yang memiliki tekad kuat untuk menunjukkan kesetiaannya kepada Rama.

Dalam pertunjukan tersebut dikisahkan saat Dewi Shinta diculik oleh Rahwana dan ditawan di Kerajaan Alengka. Kemudian Anoman datang sebagai utusan Rama untuk menyelamatkannya.

Pada akhirnya, Shinta lebih memilih setia kepada suaminya, Rama. Namun kenyataannya ia malah diragukan kesuciannya oleh Rama dan rakyat Ayodya.

Shinta rela menerjunkan diri ke dalam api demi membuktikan kesetiaannya. Shinta Obong menghadirkan pertunjukan seni tari dengan gerak tari berlanggam Jawa.

Setiap gerakan tubuh para penari pertunjukan Shinta Obong memiliki makna yang sakral dan simbolik. Penonton disajikan dengan cerita tentang tokoh Shinta yang merasakan kesedihan dan kerinduan kepada Rama.

Kebimbangan, cemas serta kecewa dirasakan Shinta karena Rama meragukan kesuciannya dapat dirasakan penonton. Menariknya, proses pembakaran diri Shinta ditampilkan dengan pertunjukan fire dance yang atraktif.

Pertunjukan fire dance menjadi atraksi utama, sekaligus menghadirkan keindahan estetis yang berbeda dari atraksi seni budaya lainnya. Shinta Obong juga menghadirkan pengiring musik secara live, sehingga pertunjukan menjadi lebih hidup.

Penonton juga diajak langsung terlibat dalam pertunjukan Shinta Obong. Penonton akan diajak arak-arakan dan prosesi blessing (pemberkatan) di awal pertunjukan.

Penonton Shinta Obong juga akan mendapatkan gelang yang sudah diberkati oleh pemangku. Project Leader Shinta Obong PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Berlian Risqi mengatakan pertunjukan Shinta Obong terbilang unik dan berbeda.

"Shinta Obong akan lebih menonjolkan sisi spiritual dan magis," kata Berlian di Yogyakarta pada Jumat (29/09/2023).

Seni pertunjukan Shinta Obong akan digelar secara rutin setiap Jumat mulai pukul 18.00 WIB. Masyarakat dan wisatawan yang ingin menonton pertunjukan baru ini dapat melakukan reservasi terlebih dahulu.

Reservasi dapat dilakukan dengan mengunjungi laman Instagram @ramayanaprambanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini