Sukses

Bus Heritage Yogyakarta, Cara Jelajahi Sumbu Filosofis Yogyakarta Tanpa Lelah

Bentuk bus ini juga cukup unik karena menyerupai kereta mini dengan bagian kiri dan kanan bergambar objek-objek heritage yang ada di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata populer di Indonesia. Kota ini memiliki banyak sekali tempat-tempat bersejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk memudahkan wisatawan dalam menjelajahi tempat-tempat tersebut, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan Bus Heritage Yogyakarta pada Maret 2022. Bus Heritage Yogyakarta merupakan bus wisata yang didesain khusus untuk menyusuri kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta.

Kawasan ini merupakan jalur yang menghubungkan beberapa tempat bersejarah dan budaya di Yogyakarta, seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Alun-Alun Utara, dan Tugu Yogyakarta. Bus Heritage Yogyakarta terdiri dari dua unit, yaitu bus merah dan bus kuning.

Bentuk bus ini juga cukup unik karena menyerupai kereta mini dengan bagian kiri dan kanan bergambar objek-objek heritage yang ada di Yogyakarta. Masing-masing bus berkapasitas tujuh sampai delapan orang.

Bus ini dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti AC, audio visual, dan pemandu wisata. Bus Heritage memiliki sistem city tour, sehingga wisatawan tidak dapat turun di tiap destinasi tujuan.

Namun, pada saat mampir ke Museum Sonobudoyo dan Panggung Krapyak, wisatawan dapat turun dari bus dan mengabadikan momen sesuai waktu yang diberikan. Selama kurang lebih 1,5 jam, peserta akan diajak berkeliling daerah Jogja sambil berkenalan dengan sejarahnya.

Ketiga rute yang akan disediakan oleh Bus Jogja Heritage Track antara lain:

1. Rute Sangkan Dumadi: Kundha Kabudayan DIY – Panggung Krapyak – Keraton Yogyakarta – Kundha Kabudayan DIY.

2. Rute Paraning Dumadi: Kundha Kabudayan DIY – Tugu Yogyakarta – Keraton Yogyakarta – Kundha Kabudayan DIY.

3. Rute Sangkan Paraning Dumadi: Kundha Kabudayan DIY – Panggung Krapyak – Keraton Yogyakarta – Kundha Kabudayan DIY.

Bus Heritage Yogyakarta merupakan salah satu alternatif wisata yang menarik untuk wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh sejarah dan budaya Yogyakarta. Dengan menggunakan bus ini, wisatawan dapat menjelajahi tempat-tempat bersejarah dan budaya di Yogyakarta dengan lebih mudah dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.