Sukses

Mengenal Penyakit Psoriasis Vulgaris, Gejala hingga Pengobatan

Psoriasis juga dapat memengaruhi kuku, menyebabkan perubahan seperti kerak, penebalan, atau perubahan warna pada kuku.

Liputan6.com, Jakarta - Psoriasis vulgaris atau sering disebut sebagai psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Meskipun bukan penyakit menular, psoriasis dapat memberikan dampak signifikan pada kualitas hidup penderitanya. Gejala yang paling umum dari psoriasis adalah munculnya plak berwarna merah keperakan pada kulit.

Plak ini sering kali terasa gatal dan bersisik, dan dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Psoriasis vulgaris juga dapat memengaruhi kuku, menyebabkan perubahan seperti kerak, penebalan, atau perubahan warna pada kuku.

Tipe ini ditandai dengan bercak-bercak kecil dan merah di seluruh tubuh. Biasanya terjadi setelah infeksi tenggorokan. Terjadi di lipatan kulit, seperti di antara lipatan paha, di bawah payudara, atau di sekitar ketiak. Gejala ini cenderung lebih lembut dan berwarna merah terang. Meskipun penyebab pasti psoriasis masih belum sepenuhnya dipahami.

Ada faktor-faktor yang dapat memicu kondisi ini, termasuk:

Genetika

Riwayat keluarga yang memiliki psoriasis dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini.

Stres

Stres emosional atau fisik dapat memperburuk gejala psoriasis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Pemicu

Infeksi

Infeksi tenggorokan streptokokus dapat memicu psoriasis atau memperburuk kondisinya.

Gangguan Autoimun

Psoriasis terkait erat dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif.

Pengobatan Psoriasis Vulgaris

Pengobatan psoriasis dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya. Beberapa opsi pengobatan meliputi:

Obat Topikal

Krim, salep, atau lotion yang mengandung kortikosteroid atau vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan sisik.

Terapi Cahaya

Terapi UVB dan PUVA adalah metode yang efektif untuk mengurangi gejala psoriasis dengan sinar ultraviolet.

Obat-obatan Sistemik

Untuk kasus yang lebih parah, dokter dapat meresepkan obat-obatan sistemik, seperti methotrexate atau obat biologis, yang menghambat sistem kekebalan tubuh.

Terapi Biologis

Ini adalah obat-obatan yang menargetkan spesifik komponen sistem kekebalan tubuh yang terlibat dalam psoriasis. Psoriasis vulgaris adalah penyakit kulit kronis yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.

Meskipun belum ada obat permanen untuk psoriasis, pengobatan yang tepat dapat membantu mengendalikan gejala dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya. Konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.