Sukses

Profil Kamala Harris, Wakil Presiden Amerika Serikat yang Hadiri KTT ASEAN 2023

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris telah resmi menghadiri acara KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Liputan6.com, Bandung - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris diketahui telah tiba di Bandara Soetta untuk menghadiri acara KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Kehadirannya untuk menggantikan Presiden AS Joe Biden yang sebelumya diumumkan tidak menghadiri cara tersebut.

Kamala Harris diketahui tiba di Indonesia sekitar pukul 22.00 WIB dan tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Banten. Wakil Presiden Amerika Serikat tersebut turut disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

Adapun kehadiran Wakil Presiden AS Kamala Harris tersebut termasuk ke dalam dialogue partners ASEAN selain Australia, India, Inggris, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, hingga Uni Eropa.

Melansir dari laman resmi Gedung Putih Joe Biden tidak bisa hadir karena harus menghadiri G20. Sehingga, kehadiran Kamala Harris menjadi bentuk komitmen abadi AS kepada Asia Tenggara khususnya terhadap ASEAN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Kamala Harris

Melansir dari Britannica Kamala Harris mempunyai nama lengkap Kamala Devi Harris ia adalah kelahiran 20 Oktober 1964 di Oakland, California. Kamala saat ini menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat ke-49 bersama Presiden Joe Biden.

Diketahui ayah Kamala adalah seorang Jamaika yang mengajar di Universitas Stanford dan ibunya merupakan putri dari diplomat India dan seorang peneliti kanker. Kamala juga mempunyai adik perempuan bernama Maya yang menjadi advokat kebijakan publik.

Kamala pernah belajar Ilmu Politik dan Ekonomi di Harvard University pada 1986 dan memperoleh gelar sarjana hukum di Perguruan Tinggi Hastings pada 1989. Kamala pernah bekerja menjadi wakil jaksa wilayah dari tahun 1990 hingga 1998 di Oakland.

Reputasinya sebagai jaksa dikenal tangguh terutama ketika ia menuntut kasus kekerasan geng, perdagangan narkoba, hingga pelecehan seksual. Kamala jug naik pangkat menjadi jaksa wilayah di tahun 2004.

Adapun di tahun 2010 Kamala terpilih menjadi Jaksa Agung California dan menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan tersebut. Kariernya terus menanjak hingga membuatnya dikenal sebagai sosok yang sangat menginspirasi.

Salah satu pencapaiannya yang luar biasa adalah ketika ia resmi terpilih menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat bersama Joe Biden. Ia juga menjadi Wapres perempuan pertama hingga orang keturunan Asia Selatan pertama yang terpilih menjadi Wapres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.