Sukses

Cocok untuk Kulit Kering, Ini Dia Manfaat Baby Oil untuk Kulit Wajah

Baby oil memiliki sifat yang tidak menyebabkan alergi (hypoallergenic), membuatnya cenderung aman digunakan untuk kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Baby oil banyak digunakan untuk merawat kulit bayi. Namun di samping itu, minyak yang satu ini juga bisa bermanfaat untuk orang dewasa, lho. Terutama untuk merawat kulit wajah.

Sebagian besar produk perawatan bayi yang satu ini mengandung minyak mineral hingga 98 persen dan 2 persen zat pewangi. Selain itu, baby oil juga memiliki sifat yang tidak menyebabkan alergi (hypoallergenic), membuatnya cenderung aman digunakan untuk kulit wajah.

Bahkan, baby oil juga bebas dari zat pewarna, phthalate, serta paraben. Meski aman digunakan untuk wajah, tetapi tidak banyak orang yang mengetahui manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah.

Padahal, baby oil diketahui dapat melembapkan kulit dan juga memudarkan noda di wajah. Kamu yang mungkin ragu menggunakan baby oil untuk wajah, pastikan untuk menyimak ulasannya berikut, ya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Kulit Wajah

1. Mengurangi Gatal di Wajah

Orang-orang dengan kulit kering biasanya memiliki masalah psoriasis, yang membuat kulit gatal dan terasa tidak nyaman. Jika kamu salah satunya, kamu bisa menggunakan baby oil untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Manfaat baby oil yang satu ini juga sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Clinical Nursing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gatal yang disebabkan oleh prosedur hemodialisis dapat diredakan dengan mengoleskan dan memijat area gatal menggunakan baby oil 15 menit per hari selama tiga minggu.

2. Menghapus Riasan

Jika kamu kehabisan makeup remover atau micellar water, kamu bisa menggunakan baby oil sebagai penggantinya. Ingat, produk yang satu ini cukup aman di kulit karena beberapa sifatnya, jadi kamu bisa langsung mengaplikasikannya di wajah.

Kamu bisa menggunakan beberapa tetes baby oil dan langsung mengusapnya ke seluruh wajah, atau menetaskannya pada kapas. Cuci wajah dengan sabun, bilas, dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Menyamarkan Kantung Mata

Punya masalah dengan kantung mata? Kamu bisa memanfaatkan baby oil untuk menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengoleskan baby oil secukupnya di area bawah kantung mata, dan beri pijatan lembut dengan jari tangan. Cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di area mata.

 

4. Melembapkan Kulit

Manfaat baby oil lain yang tidak banyak diketahui orang adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit. Kemampuan ini didapat dari kandungan utamanya, yaitu minyak mineral.

Minyak mineral juga memiliki beberapa manfaat lainnya, termasuk dapat membantu menghidrasi kulit dan membuatnya tampak lebih kenyal. Kamu yang memiliki kulit kering bisa menggunakan baby oil sebagai pelembap untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Tuangkan sedikit baby oil ke telapak tangan dan, oleskan langsung ke permukaan wajah. Tepuk-tepuk hingga merata, dan lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Memudarkan Noda di Wajah

Jika kamu memiliki masalah dengan noda tinta di wajah atau kulit lainnya, pastikan untuk menggunakan baby oil untuk menghilangkannya. Baby oil juga bermanfaat untuk memudarkan dan menghilangkan noda tinta di kulit.

6. Memudarkan Bekas Luka

Baby oil juga bisa mengurangi bekas luka di kulit, lho. Bahkan, kandungan minyak mineral baby oil juga bisa mengatasi stretch mark. Pastikan untuk mendapatkan manfaat yang optimal dengan mengoleskannya setiap hari.

 

3 dari 3 halaman

Efek Samping Baby Oil

Baby oil merupakan produk yang bersifat noncomedogenic, dalam artian tidak rentan menyumbat pori-pori dan menimbulkan munculnya komedo. Namun yang perlu diketahui, baby oil tidak dapat menghilangkan jerawat.

Sebaliknya, baby oil dapat berisiko memperburuk kondisi jerawat. Ini terjadi karena baby oil dapat membuat kotoran dan minyak berlebih terperangkap di pori-pori.

Jadi, produk yang satu ini memang cukup aman digunakan oleh pemilik kulit kering cenderung normal, namun sebaiknya dihindari jika kamu mudah berjerawat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini