Sukses

Tips dan Trik Manajemen Waktu Supaya Tidak Dikejar-kejar Deadline

Hayo lho! Siapa yang masih suka ngerjain tugas di waktu dekat deadline?

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen waktu merupakan cara mengelola waktu dalam sebuah rangkaian. Biasanya seseorang akan merencanakan waktunya dalam sehari-hari namun sebagian pun masih sering ceroboh dan menyia-nyiakan waktu yang dimiliki dan berdampak pada ketelatan akan suatu hal, salah satunya pengerjaan tugas.

Nah, kali ini kita bahas yuk, tips dan trik manajemen waktu agar tak diburu-buru deadline.

Buat To Do List Setiap Hari

Mulailah membuat to do list atau perencanaan kegiatan-kegiatan yang sekiranya akan kamu kerjakan pada hari tersebut, sehingga jadwal kegiatan lebih tersusun secara rapi, sertakan juga perkiraan durasi yang kamu butuhkan pada kegiatan-kegiatan tersebut. Kamu bisa membuat to do list di perangkat ponsel ataupun kertas yang kemudian kamu tempel di kamar lho!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Susun Skala Prioritas

Selain to do list, tentunya kamu harus menentukan skala prioritas agar tidak ada kesalahan dalam keterlambatan, urutkan dari yang menurut kamu penting ke hal santai atau kamu bisa mengurutkan dari hal yang ringan menjadi berat.

Atur Waktu Bermain

Bermain memang disarankan karena dapat mengurangi stress akibat tumpukan tugas, bermain bisa meringankan beban yang ada di pikiran kamu tetapi kamu harus mengatur juga jadwal bermainmu, gunakan batas waktu untuk bermain supaya kamu tidak terlena dan melupakan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

3 dari 3 halaman

Hindari Multitasking

Hindari multitasking atau melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam satu waktu yang bersamaan karena hal tersebut dapat mengganggu pikiran kamu sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal dan menyebabkan hasil yang kurang memuaskan tetapi cobalah untuk menyelesaikan satu demi satu pekerjaan agar hasil yang memuaskan dan pikiran lebih focus untuk menyelesaikannya.

Gunakan Alat Bantu Waktu Fokus

Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti aplikasi-aplikasi yang telah tersedia saat ini, aplikasi yang dapat membantu kamu untuk tetap fokus karena kamu tidak dapat menggunakan handphone apabila sedang mengaktifkan aplikasi bantu ini, Yuk coba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini