Sukses

5 Wisata Alam di Payakumbuh dan Sekitarnya yang Bisa Bikin Lupa Rutinitas

Payakumbuh akan menyuguhkan beragam keindahan alam mulai dari perbukitan hingga eksotisnya tebing-tebing bebatuan menjulang tinggi.

Liputan6.com, Payakumbuh - Rutinitas harian bagi sebagian orang memang harus diimbangi dengan liburan untuk melepas lelah dan stres sejenak. Bagi Anda yang sedang berada di Sumatera Barat atau hendak berkunjung, Kota Payakumbuh dan sekitarnya bisa menjadi pilihan wisata.

Payakumbuh bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menyukai wisata alam. Payakumbuh akan menyuguhkan beragam keindahan alam mulai dari perbukitan hingga eksotisnya tebing-tebing bebatuan menjulang tinggi.

Berikut Liputan6.com rangkum lima wisata alam populer di Kota Payakumbuh yang cocok untuk didatangi bersama pasangan atau keluarga.

1. Lembah Harau

Lembah Harau merupakan objek wisata alam yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, tidak jauh dari Kota Payakumbuh yang berbentuk tebing-tebing batu di perbukitan yang menjulang tinggi kurang lebih 400 meter. Keeksotisan tebing Lembah Harau ini semakin indah dengan adanya beberapa buah air terjun yang terdapat di lokasi.

Udara yang sejuk dan keindahan alamnya mampu menyejukkan suasan hati siapa saja yang datang ke tempat ini. Lembah Harau memiliki julukan Yosemite Indonesia, karena wilayahnya yang mirip dengan Taman Nasional Yosemite yang berada di California, Amerika Serikat.

Di kawasan lembah harau ini juga terdapat objek wisata yaitu kampung Eropa, Korea-Jepang, serta Secret Garden yang dikelola pihak swasta sehingga akan semakin memberikan sensasi seolah-olah kamu memang sedang berada di luar negeri.

2. Ngalau Indah

Ngalau Indah merupakan objek wisata alam berupa gua dengan beberapa mulut gua sebagai akses untuk keluar masuk. Objek wisata ini dikelilingi oleh dataran tinggi dan pengunungan disekitarnya, seperti Gunung Sago, Gunung Marapi serta Gunung Singgalang yang dapat dilihat dari puncaknya.

Di dalam gua Anda akan melihat bentuk bebatuan yang unik seperti batu berbentuk kerucut atau menyerupai lonceng, kelambu, manusia hingga payung dengan pantulan suara yang nyaring.

Objek wisata ini berada di Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Pada akhir pekan, jalur menuju Ngalau ini menjadi tempat favorit warga Payakumbuh untuk menghabiskan waktu bersama keluarga baik untuk berolahraga ataupun hanya sekadar jalan-jalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kelok Sembilan

Kelok sembilan ini merupakan jalan layang yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang jalannya berkelok-kelok dengan bersisian perbukitan kiri dan kanan.

Jalan lintas ini tidak hanya sebagai penghubung jalan saja, tetapi banyak orang yang khusus datang ke jalan ini hanya untuk sekadar berwisata karena bentuknya yang keren dan pemandanganya yang indah.

Kelok sembilan ini juga dikenal dengan tikungan yang tajam, jadi jika kamu ingin berwisata mengabadikan momen di kelok ini tetaplah berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

4. Kapalo Banda Taram

Objek wisata ini pada mulanya merupakan sebuah saluran irigasi untuk mengairi sawah warga, tetapi seiring berjalannya waktu dan keindahan alamnya yang menawan membuat masyarakat mengelolanya menjadi objek wisata.

Kini, objek wisata ini cukup populer dikalangan muda-mudi. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, di sini Anda juga bisa menaiki rakit yang terbuat dari bambu serta juga bisa mengabadikan berfoto di hutan perbukitan yang ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Objek wisata ini terletak di Taram, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Objek wisata ini sangat cocok buat kamu yang suka bermain air di alam. Apabila berkunjung ke objek wisata ini pastikan kamu membawa baju ganti jika sehabis bermain air kami tidak ingin pulang dengan memakai pakaian basah.

5. Padang Mangateh

Padang Mangateh atau juga dikenal dengan Padang Mengatas merupakan sebuah daerah peternakan sapi yang terletak daerah Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh Sumatera Barat yang cukup terkenal hingga kini di kalangan muda-mudi.

Daerah ini terkenal karena memiliki pemandangan padang rumput yang mirip dengan peternakan padang rumput di Selandia Baru.

Apabila berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan padang rumput yang hijau serta subur dengan ribuan sapi-sapi yang berkeliaran, karen itu membuat peternakan ini dijuluki dengan New Zealandnya orang Sumatera Barat.

Itulah lima wisata alam populer yang Liputan6.com rangkum untuk kamu. Jika kamu ingin menikmati suasana alam yang sejuk maka datanglah pada saat cuaca cerah, dan jangan lupa tetap mengutamakan keselamatan saat kamu berwisata di alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini