Sukses

Dilengkapi Fitur Canggih, Polda Sumut Siagakan Mobil Khusus untuk Ciptakan Area Publik Aman

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menyiagakan Mobil Patroli Perintis Samapta untuk mewujudkan area publik yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Mobil khusus ini resmi diluncurkan Senin (24/7/2023).

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menyiagakan Mobil Patroli Perintis Samapta untuk mewujudkan area publik yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Mobil khusus ini resmi diluncurkan Senin (24/7/2023).

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat peluncuran mobil patroli di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, mengatakan, Mobil Patroli Perintis ini dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur berteknologi mutakhir dan modern.

"Mobil ini untuk mengendalikan, pelihara, dan menciptakan keamanan, serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik. Kita juga lengkapi dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir, modern," kata Irjen Pol Agung Stya.

Dijelaskannya, fitur-fitur berteknologi tinggi dan mutakhir tersebut di antaranya teknologi pemantauan dilengkapi kamera High Definition (HD), sensor deteksi kendaraan, serta perekam data.

"Fitur ini memungkinkan anggota kepolisian melakukan pemantauan dan pengawasan dengan lebih efektif dalam menjaga keamanan wilayah," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Komunikasi Terpadu dan Terkoneksi

Kemudian, lanjut Agung, mobil patroli ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi terpadu dan terkoneksi dengan Pusat Komando (Command Centre). Ini memudahkan personel untuk bertukar informasi yang cepat dan koordinasi lebih baik dalam tugas-tugas.

"Paling mutakhir, kita menggunakan kendali suara dan teknologi Artificial Intelligence atau AI, atau kecerdasan buatan di mobil patroli ini," ungkap Mantan Asisten Operasi Kapolri tersebut.

Teknologi kendali suara dan kecerdasan buatan atau AI membantu petugas mengakses informasi, menavigasi, dan mengambil tindakan tepat dengan perintah suara. Ini membantu mengurangi gangguan visual, serta memungkinkan fokus lebih besar di lapangan.

Sistem yang digunakan di mobil patroli lebih canggih dan terintegrasi dengan aplikasi kepolisian. Di antaranya Call Centre 110 dan SOT PRESISI, terhubung dengan Command Centre Polrestabes dan Polda.

"Ini memudahkan koordinasi dalam merespon laporan masyarakat," Kapolda Agung mengungkapkan.

3 dari 3 halaman

Sistem Nafigasi Pintar

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya menuyurkan, fitur lainnya yang dilengkapi di mobil patroli tersebut adanya Sistem Navigasi Pintar. Denagn sistem ini, membantu petugas menemukan rute tercepat dan teraman saat merespons panggilan darurat atau kejadian penting.

Selain itu, navigasi ini sudah tersinkronisasi dengan rute patroli daerah rawan kejahatan, sehingga memudahkan petugas dalam memilih rute patroli.

"Mobil Patroli Perintis ini diharapkan meningkatkan kemampuan penegakan hukum, memberikan perlindungan lebih baik bagi petugas polisi, dan memberikan kontribusi positif untuk keamanan masyarakat secara keseluruhan," tandasnya.

Untuk saat ini, Mobil Patroli Perintis Samapta tersedia 12 unit. Mobil ini akan patroli di wilayah hukum Polrestabes Medan yang membawahi 2 kabupaten/kota, yaitu Kota Medan di 17 kecamatan dan Kabupaten Deli Serdang di 7 kecamatan.

"Mobil ini akan sigap dan siap sampai lokasi sekitar 10 hingga 12 menit sejak petugas menerima laporan dari Call Centre 110," Agung menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini