Sukses

Masuk Sekolah Telah Tiba, Bawa Bekal 'Jumeokbap' Nasi Kepal ala Korea Harus Dicoba

Jumeokbap ini mirip dengan onigiri, nasi kepalnya orang Jepang.

Liputan6.com, Bandung - Libur sekolah selama dua bulan sudah usai dan saatnya kembali masuk sekolah. Berbagai rutinitas yang sementara waktu ditinggalkan, kini kembali dikerjakan di antaranya bekal sekolah bagi buah hati.

Membawa bekal makanan ke sekolah sangat dianjurkan karena selain kebersihannya terjaga, dapat menghemat pula ongkos jajan di luar rumah.

Mungkin berbagai jenis bekal makanan pernah diracik untuk putra-putri Anda, bahkan ada yang pernah dimasak berulang-ulang.

Agar buah hati tidak bosan, tidak ada salahnya kembali membuka wawasan soal resep bekal makanan yang bergizi, sederhana, enak, dan tentunya tidak ribet meraciknya.

Salah satunya adalah nasi kepal ala Korea yakni bernama jumeokbap. Jumeokbap ini mirip dengan onigiri, nasi kepalnya orang Jepang.

Ternyata jumeokbap dan onigiri merupakan 'kerabat' jauh jika tidak mau dikatakan saudara kembar tidak identik.

Pasalnya, pada zaman perang dunia kedua Korea pernah dikuasai tentara Jepang lebih dari seabad lalu dan berlangsung selama beberapa puluh tahun.

Adanya sejarah ini dipastikan akan menemukan menu atau makanan yang hampir serupa dari kedua negara ini. Namun, kemiripan ini tidak terjadi secara instan.

Semua diawali dari dibukanya pabrik penyedap rasa dan kecap asin di Korea pada tahun 1910. Dari sinilah warga Korea mulai menyukai dan memahami cita rasa khas masakan Jepang.

Masih hingga pasca Perang Korea, masyarakat Korea masih serba kekurangan. Pada saat itulah, Jepang mengenalkan mi ramen di sana.

Dengan cepat, ramen instan menjadi populer karena harganya yang terjangkau dan disukai semua kalangan. Kini ramyeon tak kalah bersaing dengan ramen soal popularitasnya, bahkan muncul kreasi khas Korea yang berasal dari mie seperti jajangmyeon.

Seiring berjalannya waktu, akulturasi budaya kuliner kedua negara semakin kerap terjadi dan memunculkan berbagai makanan yang kita kenal sekarang, termasuk diantaranya adalah jumeokbap.

Tapi bagaimana cara memasak jumeokbap ini untuk dijadikan bekal sekolah? Mengingat perbedaan cita rasa Nusantara dan Koera cukup berbeda.

Dilansir dari laman masakapahariini.com, Senin, 17 Juli 2023, diperlukan beberapa bahan, daging, dan pelengkap untuk memasak jumeokbap. Anda boleh menyimaknya sampai tuntas penjelasan di bawah ini :

Bahan untuk 2 Porsi;

- 2 porsi nasi pulen

- ½ sendok makan minyak wijen

- ½ sendok teh garam

- 6 lembar nori yang dihancurkan

Tumis daging ;

-150 g daging sapi giling

- 1 sendok teh saus tiram

- ½ sendok teh bumbu penyedap kaldu sapi

- ½ sendok teh merica hitam bubuk

- 3 sendok makan bawang bombay yang dicincang

- 2 siung bawang putih yang dicincang

- 4 sendok makan wortel cincang

- 1 sendok makan minyak, untuk menumis

Pelengkap ;

- Dapat menggunakan saus sambal yang pedas

Cara membuatnya;

1. Untuk tumis daging diaduk rata bersama saus tiram, bumbu penyedap kaldu sapi, dan merica hitam bubuk. Sisihkan. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan campuran daging sapi, masak hingga hampir matang. Tambahkan wortel, masak hingga semua bahan matang. Angkat.

2. Aduk rata nasi bersama minyak wijen, garam, dan tumis daging.

3. Siapkan selembar plastik, ambil 1 sendok makan nasi, kemudian tutup dan kepal membentuk bulat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Bisa juga menggunakan kedua telapak tangan untuk membentuk bulat.

4. Siapkan nori yang sudah dihancurkan dalam piring. Gulingkan separuh bagian nasi kepal hingga sebagian permukaannya tertutup nori. Sajikan bersama saus sambal pedas secara terpisah. Selamat mencoba, jumeokbapnya telah siap!

Setelah jumeokbap tersedia, lalu apa yang membedakannya dengan onigiri? Jumeokbap sangat mengandalkan campuran tumisan daging dengan wortel.

Setelah ditumis seperti penjelasan di atas, daging dan wortel diaduk bersama nasi pulen yang sudah dibumbui dan kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat.

Sementara itu, onigiri cenderung lebih sederhana dan tidak keberatan hanya dengan mengandalkan porsi nasi yang lebih banyak, meskipun tentu ada juga kreasi onigiri yang lebih berisi.

Onigiri juga umum dibentuk menjadi segitiga lalu ditutup dengan nori agar tidak lengket. Sementara itu, jumeokbap berbentuk bulat karena dibentuk dengan cara digulingkan langsung pada nori yang sudah dihancurkan.

Resep jumeokbap nasi kepal ala Korea ini semoga menginspirasi bekal makanan menyambut masa sekolah yang baru untuk putra-putri kita.

Namun, masakan ini juga tidak ada salahnya menjadi bekal makan siang di kantor untuk para pekerja. Tempat bekalnya juga tidak begitu besar tapi lumayan berisi. Sambut harimu dengan kondisi prima, selamat kembali beraktivitas!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.