Sukses

Profil Sundar Pichai, CEO Google Berdarah India

Pichai bergabung dengan Google pada 2004 dan telah berperan penting dalam pengembangan berbagai produk Google.

Liputan6.com, Jakarta - Sundar Pichai adalah Chief Executive Officer (CEO) Google saat ini. Pichai diangkat sebagai CEO Google pada 10 Agustus 2015, setelah sebelumnya diangkat sebagai Product Chief oleh CEO Larry Page.

Sundar Pichai, yang bernama lengkap Pichai Sundararajan, adalah seorang eksekutif bisnis India-Amerika. Dia juga merupakan CEO Alphabet Inc., perusahaan induk Google.

Pichai bergabung dengan Google pada 2004 dan telah berperan penting dalam pengembangan berbagai produk Google, termasuk Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive. Ia juga bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi seperti Gmail dan Google Maps.

Perlu diketahui, Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998, saat keduanya masih menjadi mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Ide awal pembuatan Google muncul di kepala Larry Page ketika ia berencana membuat tema disertasi untuk mendapatkan gelar Phd di Stanford University.

Pada 1995, Page bertemu dengan Sergey Brin, seorang mahasiswa di Stanford University, yang kemudian menjadi rekannya dalam membangun mesin pencari yang menggunakan tautan untuk menentukan relevansi halaman web dengan pencarian pengguna.

Google berhasil membedakan diri dari mesin pencari lain pada saat itu melalui algoritma PageRank, yang digunakan untuk menentukan peringkat halaman web dalam hasil pencarian mesin pencari mereka.

PageRank bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas tautan ke suatu halaman untuk menentukan perkiraan kasar seberapa pentingnya situs web tersebut. Asumsi dasarnya adalah bahwa situs web yang lebih penting cenderung menerima lebih banyak tautan dari situs web lain.

Algoritma ini membantu Google memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dibandingkan dengan mesin pencari lain pada saat itu. Selain itu, antarmuka Google yang sederhana dan mudah digunakan, serta kecepatan pencarian yang cepat, membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pengguna.

Saat ini, Google telah berkembang menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia dan mesin pencari terbesar di dunia. Google telah mengembangkan berbagai produk, seperti Google Search, Google Chrome, Google Maps, Gmail, Google Books, Google Earth, Google Docs, dan masih banyak lagi.

Adapun Larry Page dan Sergey Brin telah menjadi salah satu dari orang-orang terkaya di dunia berkat kesuksesan Google. Lantas, siapa Sundar Picahi CEO Google? Berikut profil dan perjalanan kariernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil

Sundar Pichai memiliki nama lengkap Pichai Sundararajan. Dia lahir pada 10 Juni 1972, di Madras, Tamil Nadu, India.

Ayahnya, Regunatha Pichai, merupakan seorang insinyur listrik di GEC multinasional Inggris. Sedangkan, ibunya Lakshmi Pichai, adalah seorang stenografer.

Sundar Pichai tumbuh dalam keluarga sederhana dan tinggal di sebuah apartemen kecil dengan dua kamar tidur. Pada usia dini, Pichai menunjukkan minat dalam teknologi dan memori yang luar biasa, terutama untuk nomor telepon.

Ayahnya menyadari potensi putranya dengan memberinya telepon putar pada usia 12 tahun. Kemudian, Pichai menyelesaikan sekolahnya di Chennai dan meraih gelar sarjana teknik metalurgi dari Indian Institute of Technology (IIT) Kharagpur.

Pichai melanjutkan ke pendidikan tinggi di Amerika Serikat, mendapatkan gelar master dari Stanford University dan MBA dari Wharton School di University of Pennsylvania. Dia bergabung dengan Google pada 2004 dan memainkan peran penting dalam pengembangan berbagai produk dan teknologi.

Sundar Pichai menjadi CEO Google pada 2015 dan kemudian juga menjabat sebagai CEO Alphabet Inc.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Karier

Sepanjang kariernya, Sundar Pichai telah diakui atas kepemimpinan dan kontribusinya pada industri teknologi. Dia telah terdaftar sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia dan telah menerima beberapa penghargaan dan kehormatan.

Bergabung dengan Google pada 2004 sebagai manajer produk dan memimpin upaya inovatif untuk beberapa produk Google termasuk Google Chrome dan Chrome OS yang kemudian menjadi sangat sukses. Akhirnya, Pichai mengambil alih pengelolaan produk Google lainnya seperti Gmail dan Google Docs, dan naik pangkat dengan cepat.

Pada 2015, Pichai dipromosikan sebagai CEO Google. Di bawah kepemimpinannya, Google berfokus pada pengembangan produk dan layanan, didukung oleh kemajuan terbaru dalam AI, yang menawarkan bantuan di saat besar maupun kecil.

Sejak Pichai menjadi CEO Google, penjualannya meningkat dari $75,4 miliar menjadi $136 miliar. Harga saham perusahaan meningkat lebih dari dua kali lipat dan kapitalisasi pasarnya meningkat menjadi $900 miliar.

Pada 2019, ketika Larry Page dan Sergey Brin masing-masing mengundurkan diri sebagai CEO dan Presiden Alphabet, Pichai dipromosikan menjadi CEO Alphabet, perusahaan induk. Pergeseran ini berarti Pichai tidak hanya akan bertanggung jawab atas bisnis Google, tetapi juga mengelola taruhan perusahaan lainnya.

Pichai telah masuk dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh versi Time sebanyak dua kali, pada 2016 dan 2020. Dia juga dianugerahi Padma Bhushan, penghargaan sipil tertinggi ketiga di India, pada 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini