Sukses

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sulut

BMKG memperkirakan beberapa kabupaten dan kota di Sulut berpotensi dilanda hujan lebat dan angin kencang hingga beberapa hari mendatang

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan beberapa kabupaten dan kota di Sulut berpotensi dilanda hujan lebat dan angin kencang hingga beberapa hari mendatang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 11 Juli 2023 mendatang," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, MInggu (9/7/2023).

Dia berharap, warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

BMKG akan menggunakan kanal-kanal informasi yang ada untuk menyebarluaskan update terkini cuaca ekstrem kepada masyarakat.

 "Waspadai potensi banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang saat terjadi angin kencang," ajaknya.

Kondisi cuaca ekstrem pada tanggal 9 Juli diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Di tanggal 10 Juli, diperkirakan melanda Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Sementara di tanggal 11 Juli, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud,” ujarnya.

Dari Kota Tomohon dilaporkan pada Sabtu (8/7/2023), angin kencang menghantam sejumlah wilayah di Kota Bunga tersebut. Sejumlah atap bangunan rumah serta fasilitas umum seperti rumah sakit hancur diterjang angin.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.